Cara Mudah Menguji Kekentalan dan Kualitas Oli Mobil

Sumber :
  • http://sidomi.com
VIVA.co.id
Tips Bedakan Oli Asli dan Oplosan
- Oli sejatinya merupakan cairan fluida di dalam mesin dengan fungsi melindungi mesin saat bekerja, mendukung performa mesin dan menghindari kerusakan saat mesin dijalankan.

Mengenal Rem ABS, Masalah dan Solusinya

Oli mobil dibedakan menjadi tiga yakni; oli mineral, oli semi sintesis, dan oli sintesis. Oli mobil sangat penting dalam performa sebuah mobil karena akan menjadi pelumas mesin (
Rem Motor Anda Keras, Ini Penyebabnya
lubricating ). Oli akan meminimalisir gesekan-gesekan yang terjadi antar logam (komponen mesin), sehingga mesin akan bergerak lebih halus.


Oli juga berfungsi untuk mencegah terjadinya karat (korosi) pada mesin. Hal ini karena oli akan mencegah reaksi oksidasi pada komponen-komponen mesin dan menghilangkan reaksi kimiawi dengan panas saat terjadi proses pembakaran yang biasanya menyebabkan korosi.


Melihat begitu pentingnya fungsi oli bagi mesin, maka menjaga kualitas oli yang digunakan harus dilakukan. Salah satu cara melihat seberapa baik kualitas oli tersebut adalah dengan melihat kekentalan oli.


Dilansir situs resmi Toyota, Senin 25 Mei 2015, kekentalan oli berkaitan dengan kemampuan bekerja oli pada suhu yang ekstrem. Oli yang berkualitas bagus akan memiliki kekentalan stabil atau memiliki daya tahan terhadap suhu rendah maupun tinggi.


Anda bisa melihat tingkat daya tahan oli terhadap suhu dengan memperhatikan kemasan yang biasanya dinyatakan dengan
Society of Automotive Engineers
(SAE). Bila pada kemasan tertulis SAE 5W-40, artinya oli akan tetap memiliki kekentalan 5 pada suhu rendah, dan akan tetap pada kekentalan 40 pada suhu tinggi.


Semakin kecil jarak kekentalan oli maka akan semain bagus kualitas oli tersebut. Contohnya adalah oli dengan SAE 5W-30 akan lebih baik dari pada oli berkode SAE 5W-40.


Jika suhu rendah di luar semakin dingin, maka dibutuhkan oli yang lebih encer atau dengan kode 5W. Contohnya adalah negara-negara dengan musim dingin ekstrem seperti Perancis dan Swedia. Sedangkan semakin panas cuaca atau suhu di luar, maka dibutuhkan oli dengan tingkat kekentalan tinggi.


Seperti Indonesia yang lebih disarankan untuk menggunakan oli dengan kode SAE 15W-30. Pemakaian kekentalan oli yang tidak sesuai dengan suhu negara tersebut akan menyebabkan oli tidak bekerja sama sekali.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya