Mengenal Istilah Rake dan Trail pada Sepeda Motor

Ilustrasi rake (A) dan trail (B) sepeda motor
Sumber :
  • Autoblog

VIVA.co.id - Jika Anda rajin membaca spesifikasi sepeda motor (terutama untuk produk yang dibuat di luar negeri), Anda pasti akan menemukan istilah rake dan trail pada bagian rangka motor.

Rem Motor Anda Keras, Ini Penyebabnya

Kedua istilah ini memang jarang digunakan, karena dianggap tidak perlu diinformasikan kepada konsumen awam. Namun, untuk mereka yang gemar melakukan modifikasi, rake dan trail sangat penting untuk diketahui.

Dilansir dari Cycleworld, Selasa 26 Mei 2015, rake, atau biasa disebut dengan caster adalah sudut yang terbentuk antara rumah setang motor dengan titik pusat roda yang ditarik lurus ke arah atas. Untuk motor yang umum beredar di pasaran, sudut rake biasanya ada di angka 20 hingga 40 derajat.

V-Belt Motor Matik Putus Sebenarnya Bisa Diantisipasi

Sementara itu, trail adalah istilah yang digunakan untuk jarak yang ada antara suspensi dengan titik pusat roda. Jarak ini diukur dari perpanjangan garis antara suspensi dengan pusat roda.

Alasan kedua istilah ini dibuat adalah untuk memberi informasi pada pemilik motor mengenai kestabilan dan karakter dari motor tersebut. Sudut rake yang lebar, biasanya digunakan pada motor-motor berjenis chopper. Sudut lebar dipilih karena bisa membuat motor lebih stabil saat melaju lurus.

Motor Injeksi Mati Mendadak di Tengah Jalan, Ini Penyebabnya

Sudut rake yang kecil kerap digunakan untuk jenis motor sport. Keunggulan sudut rake kecil adalah motor jadi lebih mudah dikendalikan, terutama saat hendak melalui jalan yang penuh tikungan.

Seperti rake, angka yang terbentuk dari jarak trail juga berdampak pada tingkat kestabilan motor. Namun bedanya, trail lebih berhubungan pada kestabilan roda. Tanpa adanya jarak trail, maka roda akan bergerak liar ke kiri dan ke kanan, karena tidak ada sudut yang menahan gaya sentrifugalnya.

Namun, jika jarak trail terlalu besar, roda akan susah untuk dibelokkan arahnya.

Jadi, rake dan trail harus diperhatikan, saat Anda hendak memodifikasi motor. Dengan mengetahui kedua istilah ini, Anda dapat mengatur karakter dari motor yang hendak dimodifikasi, apakah ingin stabil di jalan lurus ataukah gesit saat melibas tikungan. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya