Ini Alasan Varian Facelift Lebih Baik Ketimbang All New

Pengunjung Padati IIMS 2014
Sumber :
  • VIVAnews/Muhamad Solihin

VIVA.co.id - Jika Anda perhatikan, saat peluncuran mobil baru, beberapa produk diberi embel-embel new, atau facelift, dan ada juga yang dilabeli all new. Perbedaan dari kedua label tersebut, adalah facelift biasanya hanya dilakukan perubahan yang sifatnya penyegaran. Sementara itu, pada all new, banyak komponen yang diubah.

Wapres Imbau Produsen Otomotif Manfaatkan Tax Amnesty

Umumnya, produsen mobil akan mengatakan bahwa model all new jauh lebih baik ketimbang versi facelift. Dengan banyaknya komponen yang diubah, produsen mengklaim kenyamanan yang didapatkan konsumen akan jauh lebih meningkat.

Namun, seperti yang dilansir dari Autoevolution, Jumat 29 Mei 2015, tidak selamanya varian all new lebih baik dari facelift. Pandangan ini dikhususkan bagi jenis kendaraan yang dijual untuk kalangan menengah ke bawah.

JK Bangga Penjualan Mobil Capai Satu Juta Unit per Tahun

Alasan pertama, mengapa varian facelift lebih baik adalah berhubungan dengan keandalan produk dan jasa servis. Saat produsen meluncurkan model facelift, yang biasa mereka lakukan adalah mengubah beberapa komponen yang selama ini dianggap kurang andal.

Jadi, produk facelift biasanya akan memiliki kekuatan yang lebih baik, ketimbang versi sebelumnya. Dan, para teknisi bengkel juga sudah terbiasa menangani model tersebut, sehingga mereka dapat cepat mengerti mengenai kerusakan yang mungkin terjadi.

Tips Sukses Bisnis Pencucian Mobil dan Motor

Alasan lain untuk memilih versi facelift ketimbang all new adalah varian warna yang ditawarkan. Biasanya produsen akan menyediakan pilihan warna yang lebih banyak, agar konsumen tertarik membeli.

Sementara itu, mengenai fitur yang ditawarkan, konsumen harus jeli memilih. Terkadang, mobil all new dengan fitur seperti layar multimedia yang sudah mendukung navigasi dibanderol cukup tinggi, kurang sesuai dengan manfaat yang didapat.

Jika memang menginginkan fitur navigasi, konsumen bisa dengan mudah membeli produk after market yang dijual dengan harga jauh lebih murah.

Terakhir, terkadang klaim produsen mengenai performa, serta efisiensi mobil all new tidak seusai dengan kenyataan. Hasil uji yang mereka dapat dilakukan dengan cara khusus, sehingga bisa saja ada perbedaan dengan saat digunakan oleh konsumen. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya