Ini Bahaya Pakai Helm yang Jarang Dicuci

Ilustrasi helm
Sumber :
  • iStock
VIVA.co.id
Tips Bedakan Oli Asli dan Oplosan
- Helm sejatinya merupakan perangkat berkendara yang akrab bagi para
bikers
Mengenal Rem ABS, Masalah dan Solusinya
. Helm merupakan alat keamanan yang dipakai untuk melindungi bagian kepala. Karena besarnya fungsi atau manfaat dari perangkat ini, kepolisian pun mewajibkan bagi para pengendara untuk terus digunakan setiap berkendara.
Rem Motor Anda Keras, Ini Penyebabnya

Tetapi, dewasa ini, ada hal yang dipandang seolah tak penting oleh banyak pengendara, yakni kebersihan helm. Meski sering digunakan, banyak
bikers
yang malas atau ogah membersihkan helmnya. Padahal, jika tak dibersihkan, helm sangat rentan menyebarkan penyakit bagi para penggunanya.


Seperti dilansir dari situs NATA, (Asosiasi Olahraga Nasional Amerika Serikat), lembab dan bau akibat endapan keringat di lapisan dalam helm bisa mengundang bakteri untuk bersarang. Jika itu sudah terjadi, bakteri dan jamur yang berkembang akan menyebabkan penyakit kulit.


Saking bahayanya bakteri dan jamur tadi, NATA bahkan menyarankan seluruh atlet mereka membersihkan helm, sarung tangan, padding, dan kaus kaki dari keringat. Kebetulan semua perlengkapan itu juga dipakai pengendara roda dua.


Sementara seperti dilansir
Motoriders
, beberapa penyakit yang akan timbul di antaranya ialah gatal-gatal di kulit kepala, munculnya ketombe, jerawat dan bisul, kurap, panu, dan penyakit kulit lainnya.


Maka itu, disarankan bagi para pengendara roda dua untuk selalu membersihkan helm di setiap ada kesempatan luang. Baik dibersihkan di
laundry
khusus helm, maupun membersihkannya sendiri.


Jika membersihkan sendiri, pastikan helm sering dijemur di bawah teriknya matahari. Sebab, sinar ultra violet matahari disebut mampu menetralisir bau keringat.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya