Lima Hal yang Bikin Cat Motor Cepat Kusam

Sumber :
  • Welovehonda

VIVA.co.id - Semua orang pasti akan menyukai tampilan motor baru. Selain masih nyaman dikendarai, warna cat motor baru biasanya masih terlihat bersih dan cemerlang, sehingga membuat pengendaranya menjadi lebih percaya diri.

Rem Motor Anda Keras, Ini Penyebabnya

Namun seperti tubuh manusia, bila cat motor tidak dirawat dengan baik, maka perlahan-lahan warnanya akan pudar. Hal ini makin diperparah bila motor tersebut sering terkena cairan kimia yang tidak seharusnya menempel pada cat motor.

Dilansir dari Welovehonda, Senin 15 Juni 2015, setidaknya ada lima hal yang bisa membuat tampilan cat motor menjadi lebih kusam. Berikut daftarnya:

V-Belt Motor Matik Putus Sebenarnya Bisa Diantisipasi

1. Parkir dibawah terik sinar matahari.

Ada baiknya motor diparkir di dalam ruangan, atau kalau terpaksa harus parkir di ruang terbuka, kita memilih tempat yang beratap minimal terhindar dari sinar matahari langsung. Selain itu, hindari motor terkena angin, karena debu yang bercampur panas terik dapat merusak lapisan pelindung cat, yang menjadi penyebab warna menjadi kusam.

Motor Injeksi Mati Mendadak di Tengah Jalan, Ini Penyebabnya

2. Air hujan.

Di daerah perkotaan, polusi udara bikin kondisi air hujan jadi makin asam. Bahkan, air hujan juga bisa mempercepat proses korosi pada bagian logam, seperti pada mesin dan sasis. Apabila terlanjur kena air hujan, ada baiknya kita cepat-cepat membilasnya dengan air bersih, agar warna cat motor tetap terjaga dan awet.

3. Penggunaan zat kimia.

Memakai zat kimia yang aneh-aneh juga bikin cat motor jadi cepat kusam, misalnya dengan memoles bodi motor. Bukannya hal ini tidak dianjurkan, namun pastikan poles motor yang dipakai sudah teruji dan kualitasnya bagus.

4. Jarang mencuci motor.

Meski jarang terkena panas atau hujan, namun debu-debu kecil yang menempel pada motor juga lama-kelamaan bisa merusak warna cat. Biasakan mencuci motor, setidaknya satu kali dalam sehari.

5. Minyak rem.

Cairan ini memang penting fungsinya dalam fungsi pengereman. Namun, minyak rem adalah salah satu musuh cat. Jika tidak sengaja ada cipratan minyak rem di bodi motor, harus langsung cepat-cepat dibilas.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya