Cara Praktis Periksa 'Immobilizer' Mobil yang Ngadat

Sumber :
  • Jalopnik

VIVA.co.id - Immobilizer merupakan salah satu teknologi anti pencurian mobil yang canggih, dan sudah banyak mobil modern yang dilengkapi dengan fitur ini.

Rem Motor Anda Keras, Ini Penyebabnya

Dilansir dari Toyota Astra, Senin, 15 Juni 2015, meski bisa dikatakan sebagai fitur canggih, immobilizer masih bisa mengalami masalah atau gangguan. Salah satunya adalah tak merespons perintah Anda, sehingga mobil tak bisa dinyalakan mesinnya. Lalu, apa yang harus dilakukan?

Sebenarnya, Anda tak perlu panik menghadapi situasi ini, karena masalah teknis semacam ini bisa ditangani dengan mudah.

V-Belt Motor Matik Putus Sebenarnya Bisa Diantisipasi

Ada beberapa kondisi yang kemungkinan bisa menyebabkan mobil ber-immobilizer tak mau menyala, walau sudah memakai kunci asli. Meski gangguan ini jarang sekali terjadi, namun interferensi gelombang dari pemancar radio di sekitar Anda kadang bisa mengganggu pengenalan kode kunci oleh sensor.

Hal ini lebih sering dialami oleh mobil dengan teknologi keyless smart key. Penyebabnya karena jarak antara kunci dan sensor lebih jauh dari kunci yang diletakkan di soket kontak. Alhasil, gangguan radio jadi lebih mudah memengaruhi sinyal.

Motor Injeksi Mati Mendadak di Tengah Jalan, Ini Penyebabnya

Apabila gangguan semacam ini dialami oleh Anda, jangan merasa panik dulu. Cobalah menempelkan kunci ke bawah dasbor, karena di situlah biasanya sensor penerima gelombang berada.

Apabila tak berhasil juga, coba letakkan kunci di sejumlah titik dalam mobil. Bahkan, pada beberapa model mobil, ada yang menempatkan penerima sinyal kode di bagian bagasinya. Jadi, coba beberapa titik dulu untuk menemukan sensornya.

Contoh rem depan motor yang dilengkapi ABS.

Mengenal Rem ABS, Masalah dan Solusinya

Fungsinya sangat vital, makanya perlu perawatan.

img_title
VIVA.co.id
4 November 2016