Cara Gampang Hilangkan Goresan di Kaca Mobil

Ilustrasi kaca mobil berembun
Sumber :
  • Motorbeam

VIVA.co.id - Goresan pada kaca mobil merupakan momok yang menjengkelkan bagi para pemilik kendaraan. Biasanya, kondisi tersebut terjadi karena kotoran yang menempel di kaca dan tersapu wiper.

Mengenal Rem ABS, Masalah dan Solusinya

Beberapa orang beranggapan kotoran akan tersapu saat hujan turun, padahal justru ketika hujan lah kotoran yang ikut berjatuhan ke kaca dan tersapu wiper menyebabkan kaca tergores.

Selain membuat mobil terkesan kotor dan tak terawat, goresan pada kaca mobil terutama pada bagian depan, bisa mengganggu penglihatan Anda ketika menyetir. Nah, untuk membersihkan goresan pada kaca mobil, Anda tak perlu repot-repot pergi ke bengkel. Sebab, Anda bisa melakukannya sendiri di rumah.

Dilansir situs resmi Toyota, Rabu 17 Juni 2015, bahan yang diperlukan adalah cerium oxide atau bubuk poles kaca yang banyak dijual di toko. Lalu, siapkan pula amplas halus dan polish pad. Siapkan pula bor dan pasangkan polish pad pada alat bor. Peralatan terakhir adalah semprotan air, lap chamois, selotip, dan koran bekas.

Pertama-tama bersihkan permukaan kaca dengan air dan lap seperti biasanya. Cek bagian yang tergores dan sapukan amplas halus memotong arah goresan.

Jika sudah selesai mengamplas, bersihkan lagi dengan air dan lap. Jangan lupa menyelotip pinggiran kaca agar bodi mobil tidak tergores atau terciprat cairan poles saat Anda membersihkan kaca. Anda juga bisa menutupi bodi mobil dengan koran bekas.

Langkah selanjutnya adalah mencairkan bubuk poles kaca dengan air bersih. Saat mencampur bubuk dengan air, tuangkan air sedikit demi sedikit. Campuran yang terlalu cair dapat membuat proses pemolesan lebih lama karena sifat abrasive pada bubuk semakin rendah.

Campuran air dan bubuk poles di atas harus Anda oleskan pada backing pad yang terpasang di alat bor. Seandainya Anda tidak memiliki alat bor, Anda bisa melakukannya dengan manual, yaitu menggunakan tangan dan memoles kaca dengan gerakan melingkar.

Ingat, ketika memoles kaca, jangan terus-menerus memoles di satu bagian sedangkan yang lain hanya Anda lewati sebentar. Lakukan gerakan melingkar dengan rata ke seluruh kaca mobil. Berikan sedikit penekanan saat memoles bagian kaca yang tergores.

Saat memoles kaca, sebaiknya Anda juga menyiramkan air ke kaca mobil, hal ini bisa menghindarkan kaca mobil bergelombang atau bahkan retak terkena panas gesekan bubuk poles dan amplas.

Anda dapat menambahkan bubuk cerium oxide jika goresan di kaca masih terlihat dan cairan poles hampir habis. Poleslah dengan teliti hingga tak terlihat bekas goresan tadi. Jika sudah bersih, lap lagi kaca mobil menggunakan lap chamois sehingga kaca mobil berkilau bagaikan kaca baru. Selamat mencoba!

Oli mesin.

Tips Bedakan Oli Asli dan Oplosan

Banyak produsen nakal yang kini memproduksi oli palsu.

img_title
VIVA.co.id
31 Juli 2017