Sering Gigit Kabel, Ini Cara Mudah Usir Tikus di Mobil

Tikus di mesin mobil.
Sumber :
  • Dok Toyota.

VIVA.co.id - Tikus merupakan binatang kecil yang menjengkelkan bagi para pemilik mobil. Sebab, tikus kerap bersarang di mesin mobil lantaran binatang itu suka dengan tempat gelap. Yang menjengkelkan, binatang kecil itu kerap menggerogoti kabel-kabel yang ada di dalam mobil.

Seperti yang dialami Wahyudin, salah seorang warga Margonda Raya, Depok. Pria yang berprofesi sebagai pengantar jemput karyawan pabrik di Cimanggis itu baru-baru ini mengaku kesal saat mobilnya mogok tiba-tiba di tengah jalan.

Setelah diperiksa, ternyata mobilnya mengalami korsleting karena beberapa kabel putus setelah karet pembungkusnya digigit tikus. Bahkan, gigitan itu memutuskan isi kabel tembaganya.

"Di dekat rumah saya memang banyak tikus, makanya juga mungkin bikin sarang di mobil. Sebenarnya pengin kasih racun tikus di area mesin, tapi takut malah mati kabur ke rumah. Pusing nanti cari bangkainya," ujarnya saat berbincang dengan VIVA.co.id.

Lantas bagaimana mengusirnya? Dilansir AturDuit, tikus biasanya akan menjauh jika area mesin dibuat menjadi bau. Sebut saja bau peppermint, rambut kucing, rambut anjing, dan sebagainya. Selain itu, ada pula penyemprot bau yang tidak disukai tikus dan bisa didapatkan di toko pembasmi hama.

Sebenarnya, salah satu cara untuk mencegah tikus bersarang di bagian mesin mobil adalah dengan membuka kap mobil pada malam hari. Hal tersebut mungkin cukup berhasil, tapi tidak praktis.

Mengenal Rem ABS, Masalah dan Solusinya

Bisa pula memasang ranjau perangkap tikus di dekat mobil seperti di sebelah ban. Namun, tetap tidak praktis dan berbahaya jika si pemilik lupa menggesernya, terlebih jika yang memiliki anak kecil.

Sementara itu, dilansir situs resmi Toyota, cara terbaik mengusir tikus adalah menggunakan kapur barus atau pewangi di mesin mobil. Hal ini beralasan karena tikus sangat segan dengan wangi-wangian. Selain itu, jangan lupa bersihkan mobil serta kolong spakbor agar tikus enggan bersarang.

Anda juga bisa menggunakan pewangi pakaian yang sudah terbungkus sejenis kertas tipis. Harganya cukup murah dan efektif menghilangkan bau tak sedap. Pewangi ini disebutkan akan membuat tikus malas mendekat.

Rem Motor Anda Keras, Ini Penyebabnya

Agar efisien, letakkan pewangi ini di bagian-bagian elektrikal dan kolong ruang mesin. Dijamin, tikus ogah mampir.

Oli mesin.

Tips Bedakan Oli Asli dan Oplosan

Banyak produsen nakal yang kini memproduksi oli palsu.

img_title
VIVA.co.id
31 Juli 2017