Empat Aksesori Mobil yang Mengundang Bahaya

Aksesori cup holder
Sumber :
  • Sub5zero

VIVA.co.id - Tampil beda dengan beberapa aksesori tambahan sering dilakukan para pencinta modifikasi. Selain alasan tersebut, penambahan aksesori juga kerap dilakukan agar perjalanan menjadi lebih nyaman.

Rem Motor Anda Keras, Ini Penyebabnya

Namun, ada beberapa aksesori pada kendaraan roda empat yang justru membahayakan bagi pengendara. Dilansir dari Autocreditexpress, Jumat 10 Juli 2015, berikut beberapa aksesori yang bila dipasang justru mengundang bahaya bagi pengemudi mobil:

Kaca film terlalu gelap

V-Belt Motor Matik Putus Sebenarnya Bisa Diantisipasi

Teriknya sinar Matahari membuat beberapa pemilik mobil memilih jenis kaca film dengan warna yang sangat pekat. Meski hal ini bisa mengurangi silau dan panas, namun saat malam hari justru berbahaya, karena pengemudi tidak bisa leluasa melihat situasi sekitar mobil.

Hal ini makin diperparah jika mobil digunakan ke luar kota, di mana kondisi penerangan jalan antar kota belum ideal. Orang menyeberang jalan atau pengendara sepeda akan dengan mudah tidak terlihat.

Ini Harga Bumper Tanduk pada Mobil, Mulai Rp350 Ribu

Tempat menaruh minum

Aksesori yang dikenal dengan nama cup holder ini banyak dipilih oleh mereka yang gemar menikmati minuman saat berkendara. Untuk mobil-mobil keluaran terbaru, biasanya tempat menaruh minuman ringan sudah tersedia.

Yang berbahaya dari cup holder adalah saat tidak diletakkan dengan benar, maka ketika melewati jalanan yang tidak rata, ada kemungkinan minuman jatuh ke pengemudi maupun menumpang.

Atau yang lebih parah lagi, air minum tumpah ke perangkat elektronik mobil, sehingga bisa menimbulkan korsleting.

TV dasbor

Setiap pengendara mobil dituntut untuk selalu mengarahkan konsentrasi ke jalan. Itu sebabnya, banyak negara melarang pengendara mobil untuk mengoperasikan alat komunikasi.

Hal lain yang juga bisa mengganggu konsentrasi adalah sistem hiburan yang dilengkapi dengan layar besar untuk menampilkan video. Jika alat ini dipasang di baris belakang, maka tidak masalah. Namun, jika diletakkan di depan, sesekali mata pengemudi pasti akan mengarah ke layar tersebut.

Klakson kapal

Ulah pengemudi bus atau angkutan umum yang seenaknya berhenti di tengah jalan membuat beberapa pemilik mobil memasang klakson yang bisa mengeluarkan suara kencang.

Klakson yang biasa disebut dengan klakson kapal ini memiliki volume suara yang jauh lebih nyaring, efektif untuk mengagetkan sopir nakal. Namun, jika tidak hati-hati, suara klakson juga bisa membuat penyeberang jalan kaget, terutama mereka yang sudah lanjut usia. (art)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya