Sepeda Motor Ditinggal Mudik, Lakukan Hal-hal Ini

Motor diparkir di luar ruangan
Sumber :
  • iStock

VIVA.co.id - Mudik Lebaran menjadi aktivitas rutin yang dilakukan masyarakat Indonesia setiap tahunnya. Menjelang hari raya umat Muslim, jalanan luar kota akan dipadati oleh berbagai jenis kendaraan. Mulai dari bus, mobil pribadi hingga sepeda motor.

Rem Motor Anda Keras, Ini Penyebabnya

Seperti tahun-tahun sebelumnya, banyak pemilik motor yang memilih mudik dengan mengendarai sepeda motor mereka. Biaya yang murah kerap jadi alasan mengapa mereka rela kepanasan dan kehujanan demi bisa berkumpul dengan sanak saudara di kampung halaman.

Namun, tidak sedikit pula pemilik motor yang pergi mudik dengan menggunakan alat transportasi lain. Alhasil, motor kesayangan pun ditinggal di rumah.

V-Belt Motor Matik Putus Sebenarnya Bisa Diantisipasi

Seperti kendaraan pada umumnya, ada beberapa hal yang harus terlebih dulu dilakukan sebelum Anda meninggalkan motor selama beberapa waktu.

Safety Riding Analyst Astra Motor, Michael Gerald Gozal, membagikan beberapa tips agar saat kembali ke rumah dan siap beraktivitas seperti biasa, sepeda motor Anda tetap fit untuk digunakan.

Ini Harga Bumper Tanduk pada Mobil, Mulai Rp350 Ribu

Berikut tipsnya seperti yang VIVA.co.id dapatkan dari rilis Astra Motor, Senin 13 Juli 2015:

1.  Usahakan agar sepeda motor ditinggalkan dalam kondisi bersih dan kering. Hal ini penting agar menghindari korosi atau karat selama ditinggal mudik.

2. Isi bensin dalam kondisi penuh atau kuras tangki sampai benar-benar kosong. Hal ini berguna untuk menghindarkan terjadinya karat karena proses penguapan bensin saat sepeda motor ditinggal dalam waktu yang lama.

3. Cabut aki motor jika ditinggal dalam waktu lama. Jika tidak dicabut, aliran listrik dari aki akan terus mengalir sehingga aki soak. Lebih baik simpan aki motor Anda di tempat yang aman.

4. Pastikan sepeda motor Anda disimpan di tempat yang cukup aman dan tidak terkena panas dan hujan. Yang paling ideal adalah menyimpan motor di dalam ruangan.

5. Berdirikan sepeda motor dengan standar ganda. Selain itu, lebih baik jika diberi alas kayu atau karton pada permukaan ban yang menempel ke lantai. Sebab, ban yang langsung menempel ke lantai akan lebih cepat kempis karena perubahan suhu.

6. Tak kalah penting, pastikan sepeda motor Anda sudah dikunci dengan aman. Tutupi motor dengan tudung atau terpal. Lebih baik jika menggunakan tudung yang sudah didesain untuk motor.

7. Setelah ditinggal dalam waktu yang lama oli akan turun ke bagian bawah mesin. Ketika pertama kali menghidupkan sepeda motor, jaga agar putaran mesin tetap rendah.

Sebab, pada saat itu oli masih belum bersikulasi dengan sempurna. Sebaiknya, hidupkan sepeda motor dengan kick starter untuk mengurangi beban kerja dinamo starter dan aki. (ase)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya