5 Cara Ampuh Usir Ngantuk Saat Naik Motor

Ilustrasi pengendara sepeda motor.
Sumber :
  • www.welovehonda.com
VIVA.co.id
Tips Bedakan Oli Asli dan Oplosan
- Salah satu momok bagi para pengendara sepeda motor saat di perjalanan adalah rasa kantuk yang menyergap.

Mengenal Rem ABS, Masalah dan Solusinya

Biasanya, kantuk seperti itu bisa saja dipicu dari faktor seperti bosan, lelah, dan lain-lainnya. Lalu bagaimana cara mengusir kantuk yang mendadak muncul. Berikut seperti dilansir situs resmi Honda:
Tips Pedagang Ketahui Mobil Bekas Tabrakan


1. Geber motor

Terkadang rasa kantuk muncul ketika sedang berkendara di rute yang lurus dan panjang. Pemandangan yang monoton membuat mata terasa rileks dan akhirnya jadi mengantuk. Sebenarnya simple saja buat mengusir kantuk seperti ini.


Cukup variasikan bukaan gas, jadi dari pelan, digeber sedikit, lalu pelan lagi, geber lagi. Menggeber motor memicu keluarnya hormon adrenalin yang meningkatkan konsentrasi. Tetapi, jangan digeber-geber secara ugal-ugalan. Pastikan kondisi jalanan sedang aman.


2. Bermanuver

Selain geber motor, sekresi hormon adrenalin juga bisa dipicu dengan bermanuver di motor. Bukan maksudnya Anda mesti salto atau
wheelie
, tetapi cukup melakukan maneuver zig-zag. Tentunya, hal ini cuma bisa dilakukan saat kondisi jalan kosong. Sebab, terlalu berisiko jika jalanan sedang ramai.


3. Gigit lidah

Ini trik yang lazim digunakan oleh sopir truk. Anda bisa menggigit lidah, atau menggesek-gesekkan lidah ke gigi seri bagian atas. Hal ini bertujuan, agar otak melupakan rasa kantuknya dan beralih ke bagian lidah.


4. Bernyanyi

Sebaiknya Anda percaya diri menyanyikan lagu kesayangan keras-keras saat serangan kantuk mulai menyerang. Tak usah malu kalau suaranya sumbang, karena ketutup sama angin. Bernyanyi juga bertujuan bikin otak lupa sama rasa kantuk.


5. Menepi

Kalau keempat cara di atas tidak mampu menolong Anda dalam menyingkirkan rasa kantuk, pilihan terakhir adalah menepi di tempat yang aman. Lebih baik istirahat sejenak sembari minum dan makan cemilan.


Anda bisa pilih berhenti di warung, masjid, minimarket, atau pos polisi. Yang penting, tempatnya aman.


Sekadar tambahan, bagi Anda yang suka kopi, coba tambahkan sejumput garam pada secangkir kopi. Sedikit saja, setengah sendok teh sudah berasa kok. Trik ini terkenal di kalangan sopir taksi dan sopir truk Pantura loh. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya