Ingin Motor Lebih Kencang Tanpa Bongkar Mesin? Ini Caranya

Ilustrasi aksi wheelie
Sumber :
  • iStock

VIVA.co.id - Saat baru saja membeli motor baru, terkadang ada beberapa konsumen yang kurang puas dengan performa mesinnya. Hal ini memang wajar terjadi, karena setiap produsen motor memiliki standar khusus dalam hal performa, dan tidak mungkin bisa sesuai dengan keinginan semua konsumen.

V-Belt Motor Matik Putus Sebenarnya Bisa Diantisipasi

Beberapa pengendara mengeluhkan kecepatan motor yang kurang tinggi. Sementara itu, ada pula yang ingin agar tarikannya lebih ringan. Nah, ada cara mudah yang bisa dilakukan konsumen untuk mendapatkan performa motor sesuai keinginan mereka, tanpa perlu merombak komponen mesin.

Dilansir dari Welovehonda, Jumat 31 Juli 2015, cara mengubah performa motor bisa dilakukan melalui gir yang digunakan untuk memutar roda. Pada sepeda motor tipe bebek dan sport, ada dua gir yang saling dihubungkan dengan rantai.

Ini Harga Bumper Tanduk pada Mobil, Mulai Rp350 Ribu

Ukuran gir depan dan belakang adalah angka rasio final dari motor. Anggaplah motor memiliki gir depan 13 mata dan belakang 39 mata. Berarti, perhitungan rasio final motor adalah 39 berbanding 13, yang menghasilkan angka 3.

Lantas, hubungannya dengan angka tersebut apa? Semakin rendah angka rasio final dari standarnya, maka kecepatan puncak motor akan meningkat. Kekurangannya tentu ada, yaitu akselerasi yang sedikit berkurang.

Motor Injeksi Mati Mendadak di Tengah Jalan, Ini Penyebabnya

Begitu pula sebaliknya, jika angka rasio final lebih tinggi dari angka standarnya, maka akselerasi akan meningkat.

Jika ingin rasio final meningkat, bisa menambah jumlah mata gir depan, atau mengurangi mata gir belakang. Contohnya, menggunakan gir belakang 40 mata, maka rasio finalnya menjadi 3.07. Meski angkanya hanya naik dalam hitungan koma, namun akselerasi akan langsung terasa meningkat. (asp)

Bengkel sepeda motor. Foto ilustrasi

Rem Motor Anda Keras, Ini Penyebabnya

Sangat berpengaruh terhadap kenyamanan berkendara.

img_title
VIVA.co.id
11 Agustus 2016