Jika Rem Tangan Macet, Apa yang Harus Dilakukan?

Rem tangan
Sumber :
  • Carthrottle

VIVA.co.id - Sejatinya rem tangan merupakan komponen penting pada setiap mobil. Komponen ini diketahui memiliki tombol pembebas yang berada di ujung tuas, yang berfungsi untuk membebaskan rem tangan.

Caranya dengan menekan tombol terlebih dahulu kemudian menurunkan tuas rem tangannya. Sedangkan mekanisme tuas rem tangan ke kanvas rem belakang menggunakan kabel yang terhubung dengan rem belakang kiri dan kanan.

Jadi, saat rem tangan ditarik, maka kanvas rem belakang kiri dan kanan akan menahan roda belakang melalui kanvas rem yang menahan tromol rem (drum brake).

Komponen ini memiliki fungsi menahan laju mobil saat parkir, ketika mobil berhenti di tanjakan agar tidak mundur, juga dapat digunakan saat rem utama blong untuk mengurangi kecepatan mobil. Tidak berfungsinya rem tangan sudah pasti akan merepotkan pengemudi.

Seperti dilansir Astraworld, salah satu masalah yang kemungkinan terjadi pada rem tangan adalah tuas rem tangan tidak dapat dikembalikan setelah ditarik. Hal ini disebabkan proses penarikan tuas rem tangan terlalu kuat sehingga melebihi batas maksimal gerigi mekanisme di bagian dalamnya.

Mengenal Rem ABS, Masalah dan Solusinya

Untuk mengembalikan tuas rem tangan yang macet, tentu saja diperlukan tenaga ekstra.

Mengembalikan tuas rem tangan yang macet dilakukan dengan menekan tombol sambil mengangkat tuas rem dengan kuat. Kemudian dengan cepat turunkan tuas pedal remnya. Jika cara tersebut tidak berhasil, perlu dilakukan pembongkaran pada mekanisme bagian dalam rem tangan untuk mengembalikan posisinya.

Agar rem tangan selalu bekerja dengan baik, perlu dilakukan perawatan terhadap komponen ini, terutama dari sisi mekanisme kabel dan penyetelannya. Lakukan penyetelan apabila langkah tuas rem tangan terasa lebih tinggi dan jauh, atau roda belakang tidak bisa berhenti total meskipun rem tangan sudah ditarik penuh.

Penyetelan ini biasanya dilakukan saat servis berkala oleh mekanik di bengkel resmi atau langsung ke bengkel saat ada keluhan seperti di atas. (one)

Oli mesin.

Tips Bedakan Oli Asli dan Oplosan

Banyak produsen nakal yang kini memproduksi oli palsu.

img_title
VIVA.co.id
31 Juli 2017