Susah 'Distarter', Ini Dua Sebab Mesin Mobil Tak Menyala

Ilustrasi starter atau kunci mobil
Sumber :
  • iStock
VIVA.co.id
Tips Bedakan Oli Asli dan Oplosan
- Penggunaan mobil dalam jangka waktu yang relatif sering tentu akan menyebabkan beberapa gangguan, seperti susah di-
starter
Mengenal Rem ABS, Masalah dan Solusinya
atau dinyalakan. Jika sudah begini, tentunya mengindikasikan adanya kerusakan.
Tips Pedagang Ketahui Mobil Bekas Tabrakan

Namun demikian, ada beberapa pemeriksaan yang bisa Anda lakukan sendiri. Seperti dilansir situs resmi Toyota, Selasa, 25 Agustus 2015, seorang mekanik dan pemilik bengkel GT25 Auto Service, Gatot Hirawilasa mengatakan, ketika mesin mobil yang susah menyala, bisa dilakukan pemeriksaan pada dua komponen utama kendaraan.


Yang pertama adalah memeriksa kondisi aki, karena bisa saja performa aki yang menurun karena masa pakai yang sudah hampir habis. Biasanya kondisi ini terjadi ketika aki sudah mulai mencapai usia lebih dari satu tahun.


“Aki yang umurnya sudah satu tahunan biasanya tingkat kelistrikannya sudah mulai melemah. Ada baiknya aki selalu rutin diperiksa, apalagi bila kendaraan yang masih menggunakan aki basah,” kata pria yang akrab disapa Om GT ini.


Kekuatan aki juga dapat dilihat dari pemilik melakukan perawatannya. Jika selalu dirawat, maka aki tersebut bisa ada yang bertahan hingga dua tahun.


Kedua, mesin mobil yang tidak bisa menyala bisa disebabkan oleh suplai bahan bakar atau udara yang kurang. Artinya, terjadi masalah pada sistem injektor atau saringan udara.


“Biasanya hanya dua hal itu saja. Apabila kedua komponen itu normal maka mesin mobil bisa dengan mudah menyala,” kata Gatot.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya