Empat Hal yang Perlu Diperhatikan Setelah Ganti Ban Motor

Ilustrasi ban sepeda motor
Sumber :
  • iStock

VIVA.co.id - Ban motor yang sudah tipis kembangnya tentu harus segera diganti. Hal ini untuk menghindari agar pengendara tidak kehilangan kendali motor, terutama saat menikung maupun melakukan pengereman mendadak.

Rem Motor Anda Keras, Ini Penyebabnya

Proses penggantian ban lama dengan yang baru di bengkel ban tidak membutuhkan waktu lama, kurang lebih 30 menit saja. Teknisi akan melepas ban dari roda, memasang ban baru dan kemudian mengisi angin.

Namun biasanya, setelah urusan ganti ban selesai, pemilik motor tidak sabar ingin memacu kendaraan, untuk merasakan kemampuan dari ban baru tersebut. Hal ini tidak direkomendasikan, karena dapat menimbulkan bahaya, seperti dilansir dari Fdrtire, Selasa, 1 September 2015.

V-Belt Motor Matik Putus Sebenarnya Bisa Diantisipasi

Ada empat hal yang harus diperhatikan, setelah Anda mengganti ban, yaitu:

1. Ketika menggunakan ban baru, pertama-tama Anda harus mengendarai motor dengan kecepatan standar. Hal ini dilakukan agar ban bisa terpasang secara sempurna pada velg.

Motor Injeksi Mati Mendadak di Tengah Jalan, Ini Penyebabnya

2. Permukaan ban yang mulus perlu bersentuhan dengan permukaan aspal, untuk mendapatkan daya cengkeram maksimal. Itu sebabnya, Anda perlu menghindari akselerasi atau pengereman mendadak dan menikung dengan tajam. Perlu diingat, ban bekerja efisien ketika mencapai suhu optimalnya.

3. Jika Anda mengganti ban yang modelnya berbeda dengan ban lama, beri waktu untuk menyesuaikan diri dengan karakter ban baru tersebut.

4. Pastikan, sebelum Anda meninggalkan bengkel, ban yang baru saja dipasang tidak terkontaminasi oleh cairan apapun, seperti pelumas dan lain-lain. Lap dengan kain kering untuk memastikannya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya