Tips Agar Ban Tak Gampang Botak dan Meledak

Ban.
Sumber :
  • Foto: VIVAnews/Rendra Saputra

VIVA.co.id - Peran ban pada sebuah kendaraan tidak boleh disepelekan, lantaran ban termasuk bagian yang vital. Maka itu, ban perlu memerlukan perawatan ekstra agar performanya tetap baik dan tak meledak saat melesat di jalan raya.

Technical Service Dunlop, Iwan Indrawan, memberikan beberapa tips mudah untuk merawat ban agar awet muda dan tak cepat botak. Menurut Iwan, pemilik kendaraan wajib memantau tekanan angin pada ban mobilnya sesuai dengan anjuran dan ukuran, yakni 26-35 psi atau  per square inch untuk passenger cars.

Kata Iwan, dengan tekanan angin yang cukup, bidang kontak ban lebih baik dan merata, sehingga lebih tahan lama. Jika tekanan angin tidak merata, pengikisan ban akan cepat terjadi dan menyebabkan ban aus atau pecah.

Mengenal Rem ABS, Masalah dan Solusinya

(Baca juga: )

"Ban itu salah satu nyawa mobil, karena bagian dari penyangga beban. Kalau angin kurang atau berlebih tentu akan bermasalah. Maka itu wajib dijaga," tutur Iwan, saat berbincang dengan VIVA.co.id.

Selain tekanan angin, pemilik mobil dikatakan wajib uji spooring dan balancing setiap dua pekan sekali untuk mengetahui keselarasan roda dan putaran roda pada titik yang sama, mengingat kondisi jalan di Jakarta yang berbeda-beda. Karena biasanya, setiap jarak 5.000 kilometer, tekanan ban selalu berkurang 2-3 psi.

(Baca juga: )

"Lalu, pengemudi juga wajib menjaga perilakunya saat berkendara, seperti tidak ugal-ugalan atau 'rajin' ngebut. Karena bawa mobil dengan kecepatan tinggi dapat memperpendek usia ban," lanjutnya.

Rem Motor Anda Keras, Ini Penyebabnya

(Baca juga: )

Pengemudi juga diminta agar tidak kerap melakukan pengereman mendadak dan mengurangi bobot berlebih yang akan menambah beban pada mobil. "Mengemudi sebaiknya yang wajar-wajar saja. Mengemudi dengan perilaku tidak ngebut akan menjaga kantong tidak boros," kata dia.

Oli mesin.

Tips Bedakan Oli Asli dan Oplosan

Banyak produsen nakal yang kini memproduksi oli palsu.

img_title
VIVA.co.id
31 Juli 2017