Rem Cakram Keluarkan Bunyi Berdecit, Ini Solusinya

kawasaki ninja 250
Sumber :
  • VIVAnews/Herdi Muhardi

VIVA.co.id - Jangan kaget jika tiba-tiba rem cakram sepeda motor Anda mengeluarkan bunyi berdecit saat tengah melaju. Berikut ada tips sederhana untuk mengatasi masalah tersebut.

Rem Motor Anda Keras, Ini Penyebabnya

Menurut Wawan salah satu mekanik di bengkel yang berada di Jalan Dr Statrio, Setiabudi, Jakarta Selatan, untuk mengatasi masalah tersebut, tentu lebih dulu harus diketahui penyebabnya terlebih dahulu.

Pasalanya, penyebab rem cakram mengeluarkan suara berisik dapat dikarenakan beberapa sebab. Diantaranya bisa karena kampas rem kotor, sepatu rem kotor dan juga bisa karena piringan cakramnya yang kotor.

V-Belt Motor Matik Putus Sebenarnya Bisa Diantisipasi

"Setelah diketahui penyebabnya, tentu kita akan mudah untuk mengatasinya. Pastinya tepat sasaran," kata Wawan saat ditemui VIVA.co.id.

Menurut Wawan, menghilangkan suara decitan itu gampang. Salah satunya hanya dengan melumuri kampas dengan oli mesin. Untuk hasil maksimal, pertama lepas kampas rem lalu bersihkan dengan kompresor. Jika tak ada kompresor bisa gunakan lap basah.

Ini Harga Bumper Tanduk pada Mobil, Mulai Rp350 Ribu
Setelah itu, lumuri kampas rem dengan oli sampai merata. Diamkan sejenak mungkin 1 menit atau 2 menit. Lalu, tempelkan kedua kampas seperti dengan sisi kampas saling berhadapan. Gesek-gesekkan sebentar.

Warna oli akan berubah menjadi hitam yang menandakan kotoran telah terangkat. Terus gosokkan sampai dirasa cukup, baru dikeringkan dengan cara di lap kain bersih.

Sebelum kampas dipasang lagi, ada baiknya piringan cakram juga dibersihkan. Membersihkannya bisa dengan air sabun atau di lap kain basah. Setelah bersih, dapat dilumuri oli baru.

Tapi jangan kaget, awalnya rem akan terasa tidak pakem. Namun semua akan kembali normal. Selamat mencoba.....

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya