Cara Gampang Rawat Karet Wiper dengan Koran

Untuk mengganti wiper tidak bisa sembarangan, pahami dulu dimensinya.
Sumber :
  • ToyotaSamarinda.

VIVA.co.id - Musim panas berkepanjangan seperti sekarang ini, rupanya membuat efek buruk bagi kendaraan. Tak cuma cat yang mudah pudar, namun juga berefek pada sejumlah perangkat mobil lainnya. Salah satunya adalah karet wiper.

Sengatan matahari akan membuat karet wiper semakin memuai, yang kemudian disusul dengan perubahan pada karet wiper yang mengeras, alias getas. Jika wiper dengan kondisi keras ini dioperasikan, akan menggores kaca mobil. Bila sudah begitu, pemandangan akan terganggu, dan penampilan mobil tentu akan berkurang.

Menurut Direktur PT Trans Oto Internasional, Andry Ciu, saat berbincang dengan VIVA.co.id, salah satu upaya sederhana yang dapat dilakukan untuk menjaga kondisi wiper, yakni dengan merenggangkan wiper saat mobil diparkir di bawah sinar matahari.

"Walaupun terkesan sepele, namun cara ini akan membantu dalam mengatasi sengatan sinar matahari secara langsung," kata dia.

Dijelaskan, cara ini biasa dilakukan untuk dapat menjaga dan mempertahankan kualitas karet wiper. Pada umumnya, sinar matahari langsung yang menyengat kaca akan membuat temperatur kaca naik.

Selain mengangkat wiper, cara lain yang dapat dilakukan adalah melapisi bagian karet yang bersentuhan dengan kaca mobil, baik dengan koran atau pelapis lainnya. Meskipun manfaatnya sama, tetapi ada keuntungan lain yang didapat dari cara ini.

Mengangkat wiper terlalu sering juga bukan tanpa risiko. Dikatakannya, bila terlalu sering mengangkat wiper, dapat membuat pegasnya lebih cepat rusak.

Mengenal Rem ABS, Masalah dan Solusinya

"Nah, bila ingin lebih aman pakai cara kedua seperti dengan koran. Meski repot, tetapi lebih baik daripada angkat wiper," kata dia. (asp)

Oli mesin.

Tips Bedakan Oli Asli dan Oplosan

Banyak produsen nakal yang kini memproduksi oli palsu.

img_title
VIVA.co.id
31 Juli 2017