Bahaya Asal Matikan Mesin Mobil, Jarang yang Tahu

Ilustrasi kunci mobil
Sumber :
  • Toyota Astra

VIVA.co.id - Bagi Anda pengendara bermotor, khususnya mobil, apakah Anda pernah secara sembarangan mematikan mesin mobil Anda? Di saat mesin masih dalam putaran tinggi, apakah Anda langsung mematikannya dan itu sudah kerap kali Anda lakukan?

Tahukah Anda, mematikan mesin mobil secara sembarangan dapat menimbulkan masalah yang sangat serius. Apa itu? Berikut seperti dilansir situs resmi Toyota, Selasa 29 September 2015.

Kebanyakan pengemudi, ternyata masih belum menyadarai dan bahkan memang tidak mempedulikan, atau juga bahkan sadar akan risikonya, namun tetap saja dilakukan mematikan mesin mobil dengan sembarangan.

V-Belt Motor Matik Putus Sebenarnya Bisa Diantisipasi

Padahal, mematikan mesin mobil saat mesin masih dalam putaran tinggi dapat mengurangi performa, atau bahkan merusak mesin mobil.

)

Pelumas diperlukan oleh mesin saat masih berada dalam putaran tinggi. Jika Anda mematikan mesin mobil saat itu juga, mesin akan kehilangan pelumas, karena kompresi pelumas yang masuk menjadi turun.

Di saat mesin mobil berada dalam putaran tinggi, kondisi beberapa komponen mesin seperti piston masih panas dan mengembang. Keausan pada piston yang dapat memicu kerusakan pada dinding silinder karena terjadinya pengurangan pasokan oli di putaran tinggi.

Motor Injeksi Mati Mendadak di Tengah Jalan, Ini Penyebabnya



Jika Anda ingin performa mesin mobil tetap maksimal, hindari mematikan mesin mobil saat dalam putaran tinggi adalah langkah yang tepat. Alangkah baiknya menunggu putaran mesin mobil kembali normal jika ingin mematikan mesin mobil. (asp)

Bengkel sepeda motor. Foto ilustrasi

Rem Motor Anda Keras, Ini Penyebabnya

Sangat berpengaruh terhadap kenyamanan berkendara.

img_title
VIVA.co.id
11 Agustus 2016