Cara Mudah Mengembalikan Kilap Krom Motor

Modifikasi Brutal Yamaha R6
Sumber :
  • VIVA.co.id/Muhamad Solihin

VIVA.co.id - Zaman dulu, banyak produsen motor yang sengaja menggunakan pelapis krom untuk membuat tampilan motor menjadi lebih menarik. Selain lebih mengilap, krom memberi kesan mewah pada sepeda motor.

V-Belt Motor Matik Putus Sebenarnya Bisa Diantisipasi

Saat ini pelapis krom sudah jarang diterapkan pada motor-motor keluaran terbaru. Salah satu penyebabnya adalah bahan krom rentan diserang oksidasi, terutama jika sang pemilik motor malas membersihkannya.

Selain itu, tampilan krom juga harus dirawat secara berkala, agar penampilannya tetap mengilap. Dilansir dari Welovehonda, Selasa 29 September 2015, sebenarnya cukup mudah untuk merawat komponen motor yang dilapisi bahan krom.

Ini Harga Bumper Tanduk pada Mobil, Mulai Rp350 Ribu

Pertama, siapkan oxal zuur atau pembersih keramik yang sudah dicampurkan dengan air secukupnya. Kemudian oleskan dengan kuas pada bagian krom yang hendak dibersihkan. Pastikan jangan sampai terkena cat atau kulit, karena zat kimia yang digunakan cukup keras.

Biarkan 30 menit, kemudian oleskan kembali air sabun yang sudah diberikan sedikit minyak tanah. Setelah itu, cuci sampai bersih komponen tersebut. Apabila dirasa kurang mengilap, Anda bisa menggosoknya dengan menggunakan bahan pembersih krom, seperti Brasso dan Autosol.

Motor Injeksi Mati Mendadak di Tengah Jalan, Ini Penyebabnya

Sekedar informasi, tips ini berlaku baik untuk blok mesin maupun komponen lain yang berlapis krom, seperti setang dan shockbreaker.

Bengkel sepeda motor. Foto ilustrasi

Rem Motor Anda Keras, Ini Penyebabnya

Sangat berpengaruh terhadap kenyamanan berkendara.

img_title
VIVA.co.id
11 Agustus 2016