Beberapa Penyebab Mobil Susah Distarter

Ilustrasi kunci mobil
Sumber :
  • Toyota Astra

VIVA.co.id - Salah satu masalah yang menjengkelkan pada sebuah mobil yakni, sulit untuk distarter. Terlebih, peristiwa itu terjadi saat tengah di jalan raya yang padat lalu lintas. Biasanya, mobil yang sulit untuk dihidupkan juga bisa terjadi sesaat setelah mobil berhenti.

Menurut Budi Nuryanto, penggawa bengkel Autosport di kawasan Radio Dalam, Jakarta Selatan, biasanya permasalahan itu diakibatkan karena pemilik kendaraan yang tak memberikan perhatian khusus di bagian yang satu ini.

"Umumnya, penyebab mobil sulit distarter ada beberapa macam, yakni sistem kelistrikan dan mesin yang bermasalah," kata dia, saat berbincang dengan VIVA.co.id, beberapa waktu lalu.

Dia merinci, ada beberapa hal yang mendukung mobil sulit untuk distarter. Di antaranya, tegangan aki yang tak memadai. Biasanya, kondisi ini terjadi jika saat di-start terdengar bunyi motor starter (dynamo start) terasa berat untuk berputar.

Mengenal Rem ABS, Masalah dan Solusinya

[Baca juga: ]

Kata Budi, kemungkinan besar penyebabnya adalah tegangan listrik pada aki kurang kuat untuk memutar dynamo start tersebut. Untuk memastikan, Anda dapat mengukurnya dengan memanfaatkan multi meter, atau volt meter.

Hal ini, biasanya disebabkan, karena usia pakai aki yang sudah cukup lama, atau sistem pengecasan dan kelistrikan aki yang kurang baik. Jika hal ini menimpa Anda, mobil masih bisa dinyalakan sementara dengan cara didorong.

"Selain itu, bisa juga busi bermasalah. Bisa saja busi terlalu kotor, celah terlalu besar, atau juga celah yang terlalu rapat," kata dia.

Masalah lain yang membuat mobil sulit distarter, yakni karburator yang banjir. Untuk mengatasi masalah ini, Anda harus membongkar karburator lalu menyetel pelampung ke posisi yang benar. Jika Anda tidak dapat menyetel sendiri, dapat meminta bantuan bengkel, atau montir langganan Anda.

Pompa bensin yang lemah juga bisa membuat mobil sulit distarter. Pompa bensin diketahui berfungsi untuk memompa bensin dari tangki bensin, agar dapat tersalurkan ke karburator. Jika kerja pompa ini sudah melemah, aliran bensin menjadi tidak lancar. Akibatnya, suplai bahan bakar tak stabil dan menyebabkan mobil sulit untuk distarter.

Rem Motor Anda Keras, Ini Penyebabnya

[Baca juga: ]

"Sarannya sih, kalau pompa bensin bermasalah ganti yang baru. Sebab, bisa jadi masalah kalau mobil sedang dipakai di perjalanan," katanya.

Terakhir, mobil sulit distarter bisa juga karena masalah sensor WTS (suhu). Untuk mobil yang sudah menggunakan injeksi, ada sensor tersebut. Sensor WTS berfungsi untuk mendeteksi suhu mesin mobil dan mengirimkan sinyal ke ECU.

Jika sensor WTS ini bemasalah dan mengirimkan sinyal yang salah, secara otomatis akan memengaruhi kerja sistem injeksi mobil. Efeknya, mobil menjadi sulit untuk dinyalakan. (asp)

Cara Ampuh Bersihkan Noda di Karpet Mobil Bahan Beludru
Oli mesin.

Tips Bedakan Oli Asli dan Oplosan

Banyak produsen nakal yang kini memproduksi oli palsu.

img_title
VIVA.co.id
31 Juli 2017