Trik Gampang Cegah Kopling Bergetar dan Berisik

Tuas transmisi manual.
Sumber :
  • VIVAnews/Sandy Mahaputra

VIVA.co.id - Sebagian dari pengendara kendaraan roda empat pasti pernah merasakan tuas atau tongkat persneling mobil bertransmisi manual dan berpenggerak roda belakang bergetar cukup keras. Biasanya kondisi tersebut terjadi setelah mesin mobil dinyalakan.

Jika demikian, bisa dipastikan ada salah satu komponen di sistem transmisi mengalami permasalahan. Terlebih bila proses perpindahan gigi seperti terseret. Jika sudah begini, biasanya akar masalah terletak pada pelat kopling dan bushing di ujung tongkat persneling yang aus.

Kondisi ini menyebabkan ketidaknyamanan karena getaran serta suara berisik yang muncul di sekitar tuas persneling. Lalu, apa yang harus dilakukan untuk menangani masalah ini? Berikut seperti disampaikan Autocar:

Lakukan pengoperasian piranti tersebut secara tepat, serta mengganti oli secara teratur. Sebagai contoh, saat melakukan perpindahan gigi, injaklah pedal kopling hingga dalam sehingga perpindahan itu tak menimbulkan hentakan atau gesekan yang terlalu kasar.

Selain itu, perhatikan pula penempatan posisi gigi sesuai dengan beban yang diangkut dan kecepatan kendaraan. Artinya, bila mobil mengangkut beban yang berat maka kecepatan kendaraan harus rendah serta menempatkan gigi pada tingkat tinggi.

Perlakuan lain yang bisa menyebabkan masalah adalah menggantung kopling atau menginjak setengah kopling yang bisa menyebabkan permukaan pelat kopling cepat aus. Hal ini juga bisa menyebabkan kopling bermasalah dan menjadikan tuas persneling bergetar.

Cegah bushing tuas kopling agar tak cepat aus saat memindahkan tuas atau tongkat kopling ke gigi transmisi dengan cara kasar juga bisa mempercepat kerusakan tuas atau tongkat kopling. Begitu pula jika pergantian posisi gigi dilakukan cukup sering.

Maka itu, lakukan perpindahan gigi secara benar dan halus untuk mencegah bushing yang terbuat dari karet agar tak robek atau aus. Piranti ini terletak pada ujung tongkat persneling bagian bawah dan berfungsi untuk meredam getaran serta menjadi sambungan antara ujung tongkat persneling dan pemindah gigi.

Bila bushing sampai robek maka akan timbul celah, celah tersebut akan menyebabkan tongkat persneling bergetar dan timbul bunyi seperti logam yang bergesekan.

Mengenal Rem ABS, Masalah dan Solusinya

Kerusakan pada bushing ini memang tak membahayakan komponen lainnya, namun jika dibiarkan akan menyebabkan suara yang lebih keras dan getaran tuas atau tongkat juga keras sehingga membuat suasana kabin tak nyaman.

Oli mesin.

Tips Bedakan Oli Asli dan Oplosan

Banyak produsen nakal yang kini memproduksi oli palsu.

img_title
VIVA.co.id
31 Juli 2017