Bersihkan Jok Pakai Detergen, Apa Boleh?

Jok mobil anti maling
Sumber :
  • Carbuzz
VIVA.co.id
Rem Motor Anda Keras, Ini Penyebabnya
- Pada umumnya, detergen kerap digunakan para ibu untuk membersihkan beragam pakaian, baik celana ataupun baju. Tentu saja, hal ini dilakukan untuk menghilangkan noda pada pakaian.

V-Belt Motor Matik Putus Sebenarnya Bisa Diantisipasi

Namun, sehebat dan bagusnya detergen menghilangkan noda bandel, rupanya ada bahan yang tidak boleh dibersikan menggunakan detergen.
Motor Injeksi Mati Mendadak di Tengah Jalan, Ini Penyebabnya


Menurut Direktur Marketing PT Agung Poly Nugraha (APN), Henry Winson, bahan yang dimaksud adalah kulit sintetis yang biasanya digunakan sebagai pelapis jok mobil ataupun sofa.


"Pembersih yang (zatnya) terlalu kuat (detergen) malah merusak bahan sintetis atau pun bahan kulit," ujar Henry saat ditemui di kawasan Kemayoran, Jakarta, Rabu malam 21 Oktober 2015.


Henry pun menyarankan, ada baiknya bahan kulit sintetis dibersihkan hanya menggunakan air biasa atau sabun cuci tangan serta sabun yang aman untuk kulit seperti halnya sabun mandi.


Jok kulit, lanjut Henry, tidak disarankan menggunakan cairan yang memiliki zat keras, seperti detergen bahkan tiner.


"Detergen itu keras, bisa merusak dan menghapus lapisan sintetis. Apalagi misalkan ada yang bilang pakai tiner, itu tidak boleh, sangat merusak," kata dia. (ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya