Cara Gampang Libas Jalan Menanjak dengan Mobil Matik

Mobil di jalan menanjak.
Sumber :
  • asapmobil.com

VIVA.co.id - Bagi Anda pemilik mobil baru dengan transmisi matik, tentu akan mengalami hal yang janggal saat melibas jalan menanjak, seperti kawasan Puncak misalnya. Tentu, hal ini terjadi karena pemahaman yang kurang seputar cara menggunakannya.

Biasanya, hal yang dilakukan pengemudi baru mobil matik, yakni menginjak pedal gas dalam-dalam. Hal itu dilakukan dengan harapan tenaga dapat bertambah agar mobil kuat menanjak. Padahal, kondisi itu bisa saja membuat transmisi berpindah.

V-Belt Motor Matik Putus Sebenarnya Bisa Diantisipasi

Pertanyaannya, apa memang begitu?

Dilansir AstraWorld, cara demikian dipastikan tidak tepat. Sebab, meskipun mobil mungkin saja sanggup menanjak, tetapi mesin akan terasa berat dan konsumsi bahan bakar akan menjadi jauh lebih boros.

Tenaga mesin yang terasa lemah dan bergesernya transmisi ketika pedal gas diinjak, sangat mungkin terjadi saat berkendara dengan transmisi matik di jalur yang menanjak. Apalagi, jika tanjakannya terjal (dengan kemiringan sekitar 45 derajat).

Sebaiknya, jika menempuh jalur menanjak yang terjal, letakkan transmisi di posisi 2 atau L. Tentu, kasus di atas dipastikan tak akan muncul.

Sebab, saat menempuh jalanan menanjak, berarti beban mesin bertambah berat. Agar bisa terangkat, mobil perlu momen yang besar. Nah, momen yang besar terdapat di posisi 2 atau L.

Jika transmisi ditempatkan selain pada posisi itu, momennya pasti kecil, sehingga mesin terasa kurang tenaga dan seolah tak mampu melibas tanjakan.

Masalahnya, ketika pengendara mengatasi kurang tenaga dengan menginjak pedal gas, gigi transmisi praktis akan berpindah. Jadi, saat akan melibas jalur menanjak yang cukup terjal, posisikanlah transmisi di 2 atau L.

Motor Injeksi Mati Mendadak di Tengah Jalan, Ini Penyebabnya

Tetapi, begitu mobil selesai melibas tanjakan (mobil kembali di jalur datar), segera pindahkan transmisi ke posisi yang lebih tinggi. Jika sebelumnya di posisi 2, pindahkan ke D.

Jika sebelumnya di posisi L, pindahkan ke 2 lalu ke D. Hal tersebut perlu dilakukan, agar tidak terjadi kerusakan pada komponen transmisi matik. Selamat mencoba! (asp)

Siapa Bilang Ban Serep Mobil Tak Butuh Perawatan? Wajib Tahu
Bengkel sepeda motor. Foto ilustrasi

Rem Motor Anda Keras, Ini Penyebabnya

Sangat berpengaruh terhadap kenyamanan berkendara.

img_title
VIVA.co.id
11 Agustus 2016