Mobil Tiba-tiba Kehilangan Tenaga Saat Nyalakan AC, Kenapa?

AC Mobil
Sumber :

VIVA.co.id -Tak dipungkiri jika penggunaan AC pada mobil menjadi kebutuhan utama saat berkendara, terutama di jalanan panas ibu kota. Namun, terkadang, saat kita menyalakan AC, mobil tiba-tiba seperti kehilangan tenaga. Kenapa?

Rem Motor Anda Keras, Ini Penyebabnya
Sebenarnya, jika tarikan awal kerja AC terasa sedikit menyentak dan terasa agak membuat mesin tersendat adalah hal wajar. Itu karena mesin mobil yang awalnya berputar ringan, tiba-tiba dibebani kompresor AC yang ikut bekerja.

V-Belt Motor Matik Putus Sebenarnya Bisa Diantisipasi

Jadi selama hentakan tidak terlalu parah, Anda tidak perlu memusingkan masalah itu. Namun baru menjadi masalah jika AC dinyalakan dan sedang bekerja, tenaga mesin seperti berkurang drastis dan bisa dibilang ngedrop.

Bahkan dalam kondisi yang lebih parah, saat berjalan pelan pun Anda terpaksa harus menginjak pedal gas lebih dalam untuk membuat mesin dapat mengeluarkan tenaganya.

Baca juga:

Ini Harga Bumper Tanduk pada Mobil, Mulai Rp350 Ribu

Dilansir situs resmi Toyota Astra, jika hal itu terjadi, maka hal pertama yang harus dilakukan adalah mencari tahu penyebab turunnya tenaga mesin terlebih dahulu. Nah berikut ini beberapa kemungkinan yang dapat terjadi.

Untuk mobil yang belum menggunakan sistem injeksi, atau masih menggunakan karburator, tenaga mesin yang drop bisa disebabkan karena setelan RPM pada kondisi idle masih kurang tepat atau terlalu rendah.

Penyetelan RPM ini sangat mempengaruhi beban dan putaran mesin, khususnya saat mobil dalam kondisi diam atau tidak di gas. Biasanya untuk mobil injeksi, hal ini sudah diatur pada ECU yang ada di mobil tersebut.

Baca juga:

Meski demikian, terkadang hal ini juga tetap harus diperhatikan. Idealnya, RPM mobil saat diam dan tanpa menyalakan AC adalah sekitar 800 RPM. Dan jika AC dinyalakan, idle akan naik menjadi 900 hingga 1000 RPM.

Tenaga mesin mobil yang drop saat menggunakan AC juga bisa disebabkan karena kompresor yang digunakan terlalu besar dari standar yang ditentukan.

Biasanya, hal ini terjadi karena kompresor AC bukan asli bawaan pabrik atau juga hasil upgrade dari seri sebelumnya yang ternyata kurang cocok dengan spesifikasi yang dimiliki mesin mobil. Efeknya, kompresor terlalu membebani mesin mobil.

Selain kesalahan di sektor mesin, masalah tenaga mesin mobil yang drop saat menggunakan AC juga bisa disebabkan karena sistem sirkulasi AC ternyata kurang optimal. Sirkulasi AC di mobil meliputi saluran AC, kondensor dan juga evaporator.

Jika sirkulasi kotor, terhambat, bocor atau kurang lancar, maka kompresor juga akan bekerja lebih keras. Efeknya, kompresor akan semakin membebani mesin untuk mengimbangi kerjanya.

Hal yang juga mungkin menjadi penyebab tenaga mesin yang hilang saat AC mobil dinyalakan adalah jika ternyata anda kurang memperhatikan perawatan mesin mobil Anda.

Servis rutin, settingan pengapian dan pembakaran, saringan udara, oli, saringan oli dan komponen lain yang dapat mempengaruhi kinerja mesin bisa saja menjadi penyebabnya. Maka itu sangat penting memastikan kondisi mesin sehat agar terlepas dari masalah. Semoga berguna.

(ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya