Sering Terjebak Macet, Perlukah Sering Ganti Oli?

Macet di jalan tol
Sumber :
  • mirror.co.uk
VIVA.co.id
Rem Motor Anda Keras, Ini Penyebabnya
- Berkendara dengan kondisi macet banyak dilakukan para pemilik kendaraan di Tanah Air, khususnya mereka yang beraktivitas di kota-kota besar seperti di Jakarta.

V-Belt Motor Matik Putus Sebenarnya Bisa Diantisipasi

Kemacetan sendiri ternyata memiliki efek bagi kendaraan, lantaran mesin tetap menyala, meskipun angka di odometer tidak bertambah. Lalu haruskah penggantian oli mesin dilakukan lebih cepat, atau tetap sesuai dengan odometer pada kendaraan?.
Ini Harga Bumper Tanduk pada Mobil, Mulai Rp350 Ribu


Menanggapi hal tersebut, Lubricant technical advisor Shell Indonesia, Shofwatuzzaki, mengatakan kemacetan berpengaruh pada performa mesin kendaraan.


"Sebenarnya dalam kondisi macet, oli lebih berat kerjanya dibandingkan ketika mobil dalam kondisi lancar. Tapi umumnya oli saat ini sudah di desain sesuai dengan rekomendasi
manufactory
mobil," kata dia saat ditemui saat peresmian pabrik baru Shell di Bekasi.


Umumnya, penggantian oli dilakukan setiap jarak tempuh 10.000 kilometer, meski dalam kondisi macet. Sehingga, akan lebih baik apabila mengikuti petunjuk dari buku panduan dari mobil yang digunakan.


"Saat ini rata-rata mobil memberikan ketentuan pergantian dengan jarak tempuh 10 ribu km meski dalam kondisi macet. Yang terpenting adalah kita melihat rekomendasi dari pembuat mobil. Karena kita bikin oli sesuai dengan rekomendasi si pembuat mobil. Hal itu sudah pasti aman," lanjut dia. (ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya