Cara Mudah Hapus Karat pada Lapisan Krom Kendaraan

Membersihkan karat pada kendaraan.
Sumber :
  • Wikihow

VIVA.co.id - Musim hujan telah tiba. Biasanya, ada salah satu hal yang kerap ditakutkan para pemilik kendaraan, yakni gempuran karat. Sebab, karat muncul karena kendaraan tak segera dibilas setelah diguyur hujan.

Tapi jangan khawatir, karena ada cara mudah untuk menghapus gempuran karat pada sejumlah bagian kendaraan, utamanya pada bagian dengan lapisan krom. Anda hanya cukup menyiapkan sejumlah perangkat rumah tangga yang ada di rumah.

Berikut caranya seperti dilansir Wikihow dan eHow:

1. Siapkan alumunium foil

Pertama-tama, siapkan aluminium foil. Aluminium akan bereaksi dengan karat secara kimiawi, menghasilkan material yang mudah diseka atau digosok hingga lepas. Karena aluminium lebih lembut dari logam lain, ini tidak akan menimbulkan baret pada permukaan kromium atau logam di bawahnya.

2. Bersihkan kromium

Sebelum Anda berusaha menghilangkan karat pada kromium, bersihkan kotoran yang ada dengan air sabun, atau sabun cuci mobil atau motor jika Anda membersihkan permukaan kromium. Ini akan membantu Anda mencari area yang berkarat dengan lebih mudah.

Untuk permukaan yang amat kotor atau amat berkarat, gunakan cuka atau asam lembut lainnya, dan lanjutkan dengan aluminium foil.

3. Celupkan foil ke dalam air

Anda bisa menggunakan segala jenis air, namun air garam adalah yang terbaik, karena elektrolit dan garam akan mempercepat proses kimia. Robek aluminium foil secukupnya untuk menggosok area yang berkarat.

4. Gosokkan aluminium foil pada area yang berkarat

Gosokkan maju mundur pada area yang berkarat. Anda tidak harus menggunakan tekanan berlebih, namun area yang berkarat tebal membutuhkan tekanan lebih dan waktu penggosokan yang lebih lama.

5. Celupkan aluminium foil ke dalam air lagi saat mulai mengering

Jika Anda bekerja pada area lekukan yang dalam, coba gumpal potongan aluminium foil. Bagian ujung dari gumpalan ini akan membantu memperhalus permukaan logam. Sering-seringlah berhenti untuk membuang residu karat.

V-Belt Motor Matik Putus Sebenarnya Bisa Diantisipasi

Saat residu menjadi terlalu tebal, berhenti dan seka permukaannya dengan tisu atau lap. Dengan cara ini, Anda bisa melihat sisa karat dan meneruskan menggosok dengan aluminium foil.

6. Bilas permukaan kromium

Setelah semua karat hilang, seka permukaan kromium dengan lap untuk kembali menampilkan kilapnya. Gunakan tisu atau keringkan dengan pengering rambut. (asp)

Bengkel sepeda motor. Foto ilustrasi

Rem Motor Anda Keras, Ini Penyebabnya

Sangat berpengaruh terhadap kenyamanan berkendara.

img_title
VIVA.co.id
11 Agustus 2016