Lima Permukaan Jalan yang Berbahaya Saat Hujan

Pengendara motor melintasi genangan air.
Sumber :
  • Fdrtire

VIVA.co.id - Mengendarai motor dalam keadaan hujan sebenarnya cukup aman, asalkan Anda melewati permukaan jalan yang bagus, karena masih bisa memberikan traksi meski basah.

V-Belt Motor Matik Putus Sebenarnya Bisa Diantisipasi

Namun, terkadang Anda melewati berbagai macam permukaan jalan yang tidak selalu sempurna kondisinya. Berikut, lima permukaan jalan yang berpotensi bahaya jika Anda lewati saat hujan, dilansir dari Fdrtire, Jumat 13 November 2015:

1. Marka jalan. Bagian permukaan jalan yang tertutup cat marka jalan akan licin saat basah. Hati-hati saat melewati zebra cross, pembatas jalan, marka lambang dan lain-lain.

Motor Injeksi Mati Mendadak di Tengah Jalan, Ini Penyebabnya

2. Permukaan bertekstur. Transisi dari jalan raya ke jalan kecil, serta jalan beton yang licin perlu diwaspadai saat hujan.

3. Baja. Terkadang Anda menemui penutup gorong-gorong, pelat baja yang digunakan saat proyek konstruksi bangunan, atau rel kereta api di perlintasan jalan. Permukaan baja yang licin membuat ban mudah tergelincir saat basah.

Siapa Bilang Ban Serep Mobil Tak Butuh Perawatan? Wajib Tahu

4. Tumpahan oli. Cara mudah untuk mengetahui adanya genangan yang bercampur tumpahan oli adalah melihat, apakah tampak warna pelangi di permukaan genangan air.

5. Genangan air. Jalan berlubang yang terisi oleh genangan air berbahaya, karena Anda tidak bisa mengukur seberapa dalam lubang tersebut. (asp)

Bengkel sepeda motor. Foto ilustrasi

Rem Motor Anda Keras, Ini Penyebabnya

Sangat berpengaruh terhadap kenyamanan berkendara.

img_title
VIVA.co.id
11 Agustus 2016