Empat Penyebab Cat Motor Cepat Kusam dan Dekil

Honda Win 100.
Sumber :
  • www.welovehonda.com

VIVA.co.id - Terkadang kerap kita temui sepeda motor dengan kondisi buram, alias kumal. Padahal, kode tahun pembuatan motor tersebut tergolong baru. Tentu saja kondisi tersebut akan membuat penampilan sepeda motor itu kurang bagus, dan tak enak dipandang.

Ada beberapa penyebab motor terlihat kumal dan kusam. Salah satunya, sifat pengendara yang cuek dengan kebersihan motor. Padahal, ada pameo yang menyebut bila kebersihan motor menggambarkan karakter si pemilik. Namun tentunya semua kembali ke masing-masing.

Dalam tulisan kali ini, VIVA.co.id akan merinci sejumlah faktor-faktor yang membuat sepeda motor gampang kusam dan kumal. Apa saja? Berikut seperti dilansir WeloveHonda:

1. Motor terlihat kusam tentu karena motor tidak pernah dicuci. Debu yang kelamaan melekat di bodi akan membuat daya kilap plastik semakin berkurang.

V-Belt Motor Matik Putus Sebenarnya Bisa Diantisipasi

Jangan salah, debu yang menebal di bodi motor bisa bikin bodi motor cepat baret-baret juga. Makanya Anda harus selalu meluangkan waktu untuk mencuci motor kesayangan.

2. Cuaca juga menjadi salah satu penyebab motor terlihat dekil. Misalnya parkir di bawah terik matahari, yang dapat merusak alias memudarkan warna cat.

Seandainya ada tempat teduh, carilah tempat parkir di tempat yang melindungi motor. Atau kalau terpaksa harus parkir di ruang terbuka, pilihlah tempat yang beratap atau di bawah pohon rindang, minimal terhindar dari sinar matahari langsung.

3. Kehujanan juga salah satu faktor yang bikin motor jadi cepat kusam. Di daerah perkotaan, polusi udara bikin kondisi air hujan jadi makin asam. Tentunya berpengaruh ke cat motor Anda. Bahkan, air hujan juga bisa mempercepat proses korosi pada bagian logam, seperti  pada mesin dan sasis.

Motor Injeksi Mati Mendadak di Tengah Jalan, Ini Penyebabnya

Apabila terlanjur kena air hujan, ada baiknya cepat-cepat membilasnya dengan air bersih agar warna cat motor tetap terjaga dan awet.

4. Anda harus hati-hati dengan minyak rem. Cairan ini memang penting fungsinya dalam pengereman. Namun minyak rem adalah salah satu musuh cat. Andai tengah mengoprek motor di bengkel dan tak sengaja ada cipratan minyak rem di bodi motor, segera lakukan pembilasan.

Bengkel sepeda motor. Foto ilustrasi

Rem Motor Anda Keras, Ini Penyebabnya

Sangat berpengaruh terhadap kenyamanan berkendara.

img_title
VIVA.co.id
11 Agustus 2016