Cara Gampang dan Aman Parkir Mobil Matik

Mobil transmisi matik.
Sumber :
  • bosmobil.com

VIVA.co.id - Umumnya, mobil dengan transmisi otomatis seharusnya lebih mudah pada saat parkir. Namun, banyak pula pengemudi mobil matik yang terkadang mengalami kesulitan memarkirkan mobilnya.

Sebenarnya, semua pasti mudah jika mengetahui cara-cara dan teknik saat memarkir mobil matik. Namun, bagi para pemilik baru mobil matik, tentu tak terbiasa.

V-Belt Motor Matik Putus Sebenarnya Bisa Diantisipasi

Salah-salah, bisa saja menyundul mobil di depan atau belakangnya. Lantas, apa saja langkah-langkahnya? Berikut seperti dilansir AstraWorld:

1. Gunakan “Creep effect/Creep Phenomenon” saat mengatur posisi mobil pada area yang datar. Saat mesin hidup dan posisi transmisi di posisi selain 'P' atau 'N', pernahkah Anda rasakan kendaraan perlahan bergerak maju tanpa perlu menekan pedal gas? Kondisi ini biasa disebut Creep Effect dan akan membuat Anda lebih mudah saat mengatur posisi mobil saat parkir.

Konsentrasi Anda hanya pada area parkir dan pedal rem untuk menghentikan mobil. Hal tersebut juga aman, karena kemungkinan mobil tiba-tiba melompat akibat tekanan pada pedal gas yang terlalu dalam bisa dihindari.

2. Selalu menginjak pedal rem saat akan parkir, sehingga roda mobil benar-benar berhenti. Selain mengurangi risiko mobil akan berjalan sendiri, menginjak rem juga akan mempermudah perpindahahan gigi transmisi dari posisi lain ke posisi ‘P’.

Apabila perpindahan transmisi ke posisi ‘P’ dilakukan ketika roda masih jalan, maka akan terjadi pergesekan gigi dengan mekanisme parkir di dalam transmisi otomatis, dan akan mengakibatkan kerusakan pada transmisi otomatisnya.

3. Pastikan posisi tuas transmisi berada di posisi 'P' saat melepas kunci kontak. Pada beberapa mobil bertransmisi otomatis, kunci kontak tidak bisa dilepas saat tuas transmisi belum berada diposisi ‘P’. Hal ini disebabkan di dalam kunci kontak ada mekanisme yang menghubungkan posisi tuas transmisi dengan mekanisme kunci kontak.

Mekanisme ini bertujuan sebagai pengingat kepada pemakainya agar saat keluar dari mobil, tuas transmisi sudah di posisi ‘P’, sehingga mobil tidak berjalan sendiri.

4. Parkir Paralel. Jika Anda harus parkir paralel, tentunya tidak bisa dilakukan dengan menarik rem tangan dan memposisikan transmisi pada posisi ‘P'. Lakukan sebagai berikut. Saat roda sudah benar-benar berhenti, posisikan tuas transmisi ke ‘P’, kemudian lepas kunci kontak.

Cara ini sama dengan saat parkir biasa, tetapi mobil tidak bisa bergerak saat mobil didorong atau digeser. Selanjutnya, netralkan transmisi dengan cara menekan tombol shiftlock yang ada di dekat tuas transmisi, lalu pindahkan tuas transmisi ke posisi ‘N’. Dengan menetralkan transmisi maka roda mobil sudah bisa berputar. (ase)

Bengkel sepeda motor. Foto ilustrasi

Rem Motor Anda Keras, Ini Penyebabnya

Sangat berpengaruh terhadap kenyamanan berkendara.

img_title
VIVA.co.id
11 Agustus 2016