Bagaimana jika Oli Matik Digunakan pada Motor Bebek?

Sumber :
  • http://sidomi.com
VIVA.co.id
Rem Motor Anda Keras, Ini Penyebabnya
- Pelumas atau oli mesin kini juga terus berkembang seiring dengan hadirnya berbagai jenis kendaraan. Sebuah pertanyaan besar, apakah oli motor matik dapat digunakan untuk motor bebek?

V-Belt Motor Matik Putus Sebenarnya Bisa Diantisipasi

Guna menjawab pertanyaan itu,
Ini Harga Bumper Tanduk pada Mobil, Mulai Rp350 Ribu
VIVA.co.id mendapat penjelasan dari ahlinya. Zaki selaku Shell Lubricants Technical Advisor Indonesia memberikan penjelasan saat ditemui dalam kesempatan beberapa waktu lalu.


Menurut Zaki, oli skutik sebenarnya dapat digunakan pada motor bebek. Namun Zaki menjelaskan bahwa hal itu akan membuat performa motor menjadi tidak sempurna dan tak menutup kemungkinan justru akan merusak mesin.


"Sebenarnya bisa saja dipakai untuk motor bebek, tapi kendaraan akan menjadi lebih berat karena oli matik memang didesain untuk ada gesekan di kopling," kata Zaki dalam penjelasannya.


Perlu diketahui bahwa oli matik memang punya karakteristik berbeda dari oli bebek. Oli motor matik biasanya lebih kental dan lebih licin untuk menunjang kopling matik yang relatif lebih kering.


Lalu apa jadinya jika tetap dipaksakan menggunakan oli mesin matik untuk motor bebek? Menurut Zaki, hal itu akan memicu mesin motor matik cepat panas dan hal yang terburuk membuat motor tak berjalan meski telah digeber.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya