Panduan Hadapi Mesin Mobil 'Overheat' untuk Pemula

Ilustrasi mesin mobil overheat.
Sumber :
  • Autogook

VIVA.co.id - Anda mungkin pernah melihat sebuah mobil berhenti di sisi jalan, dan pengemudinya sibuk melihat ke arah mesin mobil yang mengeluarkan asap tipis.

Rem Motor Anda Keras, Ini Penyebabnya

Hal itu biasanya dialami oleh mereka yang mesin mobilnya mengalami panas berlebih, atau kerap dikenal dengan istilah overheat. Penyebabnya bisa bermacam-macam, mulai dari kurangnya perawatan hingga ada komponen mesin yang rusak.

Dilansir dari Team-bhp, Jumat, 11 Desember 2015, ada cara khusus untuk menghadapi mobil yang mengalami overheat. Cara ini adalah yang paling aman, baik untuk pengendara maupun mobil itu sendiri.

V-Belt Motor Matik Putus Sebenarnya Bisa Diantisipasi

Yang pertama harus dilakukan saat mesin mulai mengeluarkan asap tipis adalah mematikan pendingin udara kabin. Hal ini bertujuan untuk mengurangi beban mesin. Selain itu, jaga putaran mesin serendah mungkin.

Kemudian cari tempat berhenti yang aman. Usahakan Anda berhenti di tempat yang dekat dengan bangunan atau perkampungan, agar mudah mencari air. Cari tempat yang teduh, karena Anda akan menghabiskan waktu cukup lama.

Motor Injeksi Mati Mendadak di Tengah Jalan, Ini Penyebabnya

Setelah berhenti, matikan mesin, tapi tinggalkan kunci pada posisi on. Hal ini agar kipas pendingin mesin tetap berfungsi melepas panas.

Periksa grille depan, bersihkan jika ada benda-benda yang menghalangi jalan udara. Kemudian buka kap penutup mesin.

Di tahap ini, Anda harus bersabar, karena mesin butuh waktu yang cukup lama untuk dingin. Anda tidak bisa memeriksa radiator dalam kondisi mesin masih panas.

Dan terakhir, jangan menyiram mesin dengan air, karena pendinginan mendadak bisa membuat komponen mesin retak. Biarkan mesin dingin dengan sendirinya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya