Tips Ampuh Beli Velg Bekas Agar Tidak Ditipu Penjual

Pelek bekas.
Sumber :
  • Rendra Saputra/VIVA.co.id

VIVA.co.id - Membeli velg bekas untuk mobil saat ini, banyak dilakukan para pemilik kendaraan dengan anggaran terbatas. Meski berstatus bekas, namun banyak pula velg yang dijual di pasaran hadir dengan kondisi bagus dan layak pakai.

Rem Motor Anda Keras, Ini Penyebabnya

Harga yang sangat murah menjadi salah satu faktor pemikat banyak pengguna mobil untuk membeli velg bekas. Bayangkan saja, harga satu set velg bekas bisa kurang dari setengah dari harga baru keluaran pabrik.

Menariknya lagi, velg copotan itu tak sedikit pula datang dari merek-merek impor ternama, seperti AMG dan Enkei. Tentu, ini menjadi pilihan menarik untuk menunjang performa tampilan kendaraan kesayangan Anda.

V-Belt Motor Matik Putus Sebenarnya Bisa Diantisipasi

Kendati demikian, tentu tetap saja ada trik, agar Anda tak ditipu penjual velg bekas nakal.

Menurut Jonathan, Manager Operasional JKB, penjual velg bekas di kawasan Gandaria Utara, Jakarta Selatan, dibutuhkan ketelitian dan kesabaran, agar velg bekas dengan kondisi bagus bisa didapat.

Motor Injeksi Mati Mendadak di Tengah Jalan, Ini Penyebabnya

"Yang pertama itu perhatikan bentuk fisiknya. Teliti bagian luar velg bekas yang akan kita beli. Biasanya, velg bekas banyak yang merupakan hasil bubutan. Lalu, periksa apakah bagian velg tersebut terdapat penyokan, atau peyang akibat terkena lubang jalan," ujar Jonathan pada VIVA.co.id, Selasa 15 Desember 2015.

Selain itu, kata dia, periksa juga, apakah ada bagian yang retak. Sebab, jangan sampai velg yang retak dipasang pada mobil Anda, karena dapat mengakibatkan velg tersebut patah sewaktu jalan.

Kedua, lihat kondisi velg dari catnya. Pastikan cat yang melekat merupakan cat bawaan asli velg tersebut. Sebab, cat yang asli pastinya lebih awet dan tidak mudah tergores.

"Ketiga, soal harga, sebaiknya cari dahulu pasaran velg bekas yang hendak dibeli, agar tidak ditipu penjual. Biasanya, harga velg bekas tidak lebih dari tiga per empat dari harga barunya," katanya.

Keempat, mintalah garansi setidaknya dua minggu dari waktu Anda membeli. Menurut Jonathan, ini memang sulit, sebab kebanyakan penjual velg bekas enggan memberikan garansi.

"Tapi enggak ada salahnya dicoba, ada juga kok yang mau kasih garansi. Cuma paling enggak lama, seminggu atau dua mingguan " jelasnya. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya