Biang Kerok Persneling Keras atau Kopling Susah Masuk

Tuas transmisi manual.
Sumber :
  • VIVAnews/Sandy Mahaputra
VIVA.co.id
Rem Motor Anda Keras, Ini Penyebabnya
- Masalah yang terjadi pada mobil bermacam-macam, mulai dari gangguan pada radiator hingga mesin mobil. Masalah yang kerap dijumpai para pemilik mobil di antaranya juga berkutat pada persneling yang keras atau gigi transmisi susah masuk. Hal ini biasanya terjadi pada gigi 1 dan R (mundur).

V-Belt Motor Matik Putus Sebenarnya Bisa Diantisipasi

Faktor yang bisa menyebabkan persneling keras atau gigi transmisi susah masuk ini bisa sangat banyak sekali, bisa karena kolpling, atau juga karena oli transmisi yang sudah jelek atau bahkan sudah habis.
Motor Injeksi Mati Mendadak di Tengah Jalan, Ini Penyebabnya


Lalu, bagaimana caranya membedakan, atau mengetahui penyebab masalah ini? Seperti dilansir
AstraWorld
, pengecekan untuk memperbaiki persneling keras atau gigi transmisi susah masuk pada mobil itu mudah dan bisa dilakukan sendiri.


Langkah yang harus dilakukan, coba setel kembali tuas kopling, atau pedal kopling, lalu setel pedal, atau tuas kopling, barangkali ini karena kopling kurang tertarik, atau terdorong. Jika setelah disetel masih 'nyangkol', atau susah masuk pada gigi 1 dan R (mundur), mungkin ini mengindikasikan cover kopling, atau dekrup rusak.


Jika kadang susah, penyakit biasanya bersumber dari per kopling jebol yang 'nyangkol' di antara kopling dan
cover
kopling (dekrup). Ini biasanya terjadi akibat rangkaian tuas pemindah gigi (untuk yang pakai kabel atau lainnya), coba cek barangkali ada yang lepas atau putus.


Hal lain yang harus Anda perhatikan adalah oli transmisi yang kosong, coba perika jika oli membutuhkan penggantian. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya