Hati-hati, Velg Mobil Panas Bisa Berakibat Fatal

Ilustrasi rem mobil.
Sumber :
  • Jalopnik

VIVA.co.id - Pada mobil, suhu panas lumrah terjadi di sekitar kompartemen mesin. Hal ini karena cara kerja mesin yang memang menghasilkan energi panas, imbas dari pembakaran BBM.

V-Belt Motor Matik Putus Sebenarnya Bisa Diantisipasi

Namun jika merasakan panas pada velg mobil, maka Anda harus hati-hati. Pasalnya, panas ini bisa jadi salah satu tanda adanya kerusakan sistem pengereman.

Dilansir dari Astra World, Jumat 18 Desember 2015, saat dilakukan pengereman, maka piston rem akan menekan kanvas rem secara hidrolik ke tromol atau ke piringan rem.

Motor Injeksi Mati Mendadak di Tengah Jalan, Ini Penyebabnya

Saat pedal rem dilepas, maka kanvas rem akan terbebas dan tidak bersinggungan lagi dengan piringan dan tromol rem.

Jika salah satu piston rem mengalami kemacetan, tentunya kanvas rem akan menekan piringan atau tromol rem. Gesekan yang terus-menerus antara kanvas rem dengan piringan atau tromol rem akan menimbulkan panas, yang akhirnya merambat ke velg.

Untuk memeriksanya, pegang keempat velg roda mobil, dan rasakan mana yang suhunya paling panas. Velg yang panas menunjukan sistem rem pada roda tersebut mengalami kemacetan.

Untuk memastikannya, lakukan pendongkrakan pada bagian roda yang velg-nya panas. Setelah terangkat, cobalah putar rodanya, dan cek apakah putarannya lancar, seret, atau sama sekali tidak bisa diputar.

Langkah pertama untuk mengatasi kondisi velg panas adalah dengan menghentikan kendaraan, dengan tujuan mendinginkan velg, selama kurang lebih 30 menit sampai satu jam. Setelah itu, sebaiknya Anda menyewa jasa derek mobil untuk membawa kendaraan ke bengkel. (ren)

Siapa Bilang Ban Serep Mobil Tak Butuh Perawatan? Wajib Tahu
Bengkel sepeda motor. Foto ilustrasi

Rem Motor Anda Keras, Ini Penyebabnya

Sangat berpengaruh terhadap kenyamanan berkendara.

img_title
VIVA.co.id
11 Agustus 2016