Naik Motor saat Hujan, Perhatikan Tiga Hal Penting Ini

Ilustrasi/Pemotor melintasi banjir Jakarta
Sumber :
  • REUTERS/Darren Whiteside

VIVA.co.id - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), memprediksi bulan Desember ini sebagaian besar wilayah Indonesia akan diguyur hujan dengan intensitas tinggi. Akibatnya, jalanan akan mulai digenangi air dan menjadi licin, sehingga resiko kecelakaan semakin tinggi.

Hal tersebut membuat pengendara motor diimbau untuk meningkatkan konsentrasi, memastikan hal-hal yang menunjang keselamatan berkendara, dan mengutamakan safety riding selama berkendara.

Safety Riding Analyst Astra Motor (Main Dealer sepeda motor Honda) Michael Gerald mengatakan bahwa pengendara sepeda motor sebaiknya memerhatikan safety riding dalam berkendara, baik dari segi peralatan penunjang maupun cara berkendara ketika musim hujan.

Nah, berikut ini hal yang perlu diperhatikan saat berkendara di musim hujan:

Helm

V-Belt Motor Matik Putus Sebenarnya Bisa Diantisipasi

Helm SNI merupakan piranti wajib dalam mengendarai motor, baik saat normal maupun hujan. Namun, Michael menyarankan helm yang digunakan saat kondisi hujan adalah helm jenis full face, agar sewaktu berkendara wajah dan mata tidak terganggu oleh guyuran air yang dapat menyebabkan terganggunya pengelihatan dan konsentrasi.

Jas hujan

Jas hujan diperlukan agar pakaian tidak basah dan mengganggu suhu tubuh pengendara. Michael menyarankan jas hujan yang digunakan berbentuk jaket dan celana. Tidak berbentuk jubah atau ponco karena jas hujan bentuk ponco beresiko tersangkut ke rantai atau roda. Selain itu, sebaiknya gunakan jas hujan berwarna cerah agar mudah terlihat oleh pengendara lain. Jangan sekali-kali menggunakan payung sewaktu berkendara

Sepatu

Ini Harga Bumper Tanduk pada Mobil, Mulai Rp350 Ribu

Banyak pengendara yang menggunakan sandal ketika hujan karena takut sepatu yang digunakan basah. Padahal, Michael menjelaskan sebaiknya pengendara tidak menggunakan sandal karena akan berbahaya jika terjatuh atau terkena pantulan kerikil. Gunakanlah sepatu anti air atau minimal menggunakan cover sepatu. Jika terpaksa menggunakan sepatu biasa, jangan menapakkan kaki Anda di atas mesin (center backbone motor), khususnya jika Anda menggunakan motor cub, karena titik keseimbangan motor dan pengendara dapat berubah yang bisa memengaruhi pengendalian sepeda motor.

Bengkel sepeda motor. Foto ilustrasi

Rem Motor Anda Keras, Ini Penyebabnya

Sangat berpengaruh terhadap kenyamanan berkendara.

img_title
VIVA.co.id
11 Agustus 2016