Trik Paling Aman Mengemudi Mobil Saat Hujan Lebat

Mobil Terperosok Akibat Hujan Deras
Sumber :
  • VIVAnews/Nurcholis Anhari Lubis
VIVA.co.id
Tips Bedakan Oli Asli dan Oplosan
- Hujan lebat diprediksi masih terus terjadi di awal 2016 ini. Akibatnya, pandangan saat berkendara tentunya akan terganggu alias kurang jelas, terlebih jalanan mulai digenangi air dan menjadi licin. Sehingga risiko kecelakaan semakin tinggi.

Mengenal Rem ABS, Masalah dan Solusinya

Hal tersebut membuat pengemudi mobil diimbau untuk meningkatkan konsentrasi, memastikan hal-hal yang menunjang keselamatan saat mengemudi dan mengutamakan
Rem Motor Anda Keras, Ini Penyebabnya
safety riding selama berkendara.


Seperti dilansir,
10news
, Rabu, 6 Januari 2016, hal pertama yang perlu diperhatikan adalah fungsi karet
wiper
pada mobil yang masih bekerja dengan baik. Apabila karet telah berusia satu tahun, akan lebih baik segera menggantinya dengan yang baru.


Selanjutnya, ban mobil. Perhatikan komponen ini dengan baik, mulai dari tekanan angin, hingga kondisi ban apakah masih layak digunakan. Ini merupakan hal penting karena jalanan licin merupakan salah satu faktor terjadinya kecelakaan.


Lampu kendaraan juga wajib tak luput dari pemeriksaan secara rutin. Pastikan lampu-lampu bekerja dengan baik untuk keefektifan jarak pandang saat berkendara.


Saat berkendara, Anda juga disarankan untuk tidak memacu kendaraan terlalu cepat. Sebab, kecelakaan banyak terjadi saat pengemudi gagal menyesuaikan laju kendaraan di tengah kondisi cuaca yang buruk.


Menjaga jarak aman juga diperlukan saat berkendara, pastikan Anda tidak terlalu dekat dengan kendaraan lain saat hujan lebat. Jarak pandang yang buruk sering membuat pengemudi kehilangan kendali dan menabrak kendaraan di depan mereka.


Hindari pula melewati genangan air. Sebab, pengemudi biasanya tidak mengetahui seberapa dalam genangan air tersebut.


Hal terakhir yang harus selalu diperhatikan adalah jangan pernah bermain
handphone
atau telepon seluler dan selalu menggunakan sabuk pengaman saat berkendara.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya