- www.icrixs.com
VIVA.co.id - Aki kering atau MF (Maintenance Free) Battery saat ini banyak dipilih oleh beberapa pabrikan sepeda motor. Selain lebih praktis, aki kering dinilai lebih banyak memiliki keunggulan dibandingkan aki basah.
Namun, aki kering juga membutuhkan perawatan yang tepat, agar usia pemakaiannya dapat lebih lama.
Kepala mekanik bengkel Eka Jaya Motor di Jakarta Barat, Ahmad Bakri, mengatakan, aki kering dapat lebih awet apabila sepeda motor digunakan sesering mungkin, agar pengisian listriknya tetap stabil.
"Jika motor tidak digunakan, minimal panaskan mesin dua sampai lima menit setiap harinya," ujarnya kepada VIVA.co.id, Rabu 13 Januari 2016.
Ahmad menambahkan, saat berkendara, sebisa mungkin hindari jalan berlubang yang menyebabkan guncangan pada motor. Sebab, aki akan cepat rusak jika terlalu sering terkena guncangan.
Selain itu, gunakan electric starter setiap hari, kecuali saat memanaskan mesin di pagi hari. Penggunaan kick starter dapat membantu menyebarkan oli ke seluruh komponen dalam mesin motor.
"Jangan lupa untuk cek posisi kabel terminal aki, usahakan selalu tertutup rapat. Soalnya, bisa korsleting kalau lembab," katanya.