Bolehkah Mesin Mobil Dicuci dengan Air?

Sumber :
  • Dok Toyota.

VIVA.co.id – Bagi Anda pengguna mobil baru, pasti kerap bertanya-tanya bagaimana cara mencuci mobil yang benar. Apa yang bisa dilakukan dan apa saja yang 'haram', termasuk salah satuya mencuci mesin mobil dengan air.

Mau Beli Mobil Baru? Simak Cara Menghitung Simulasi Kredit dengan Mudah

Mesin merupakan organ vital bagi kendaraan. Di situ terdapat sensor-sensor, pusat kelistrikan, dan pusat pengapian. Maka itu, perlu hati-hati saat Anda membersihkan mesin.

Seperti dikutip dari berbagai sumber, ada beberapa bagian mesin yang tak boleh terkena air, seperti bagian aki, kabel, dan sensor. Sebab itu ada yang tidak menyarankan mencuci mesin dengan air. 

Jangan Salah, Ada Cara Mengerem Motor yang Benar Demi Hindari Kecelakaan

Selain dapat mengganggu kabel-kabel ataupun soket-soket kelistrikan, air juga bisa merusak komponen elektronik. Jika ini sudah terjadi, mesin mobil tentu tidak akan bisa menyala.

Sebagian lain membolehkan mencuci mesin dengan air. Asal, jangan menggunakan penyemprot. Sebab, air tekanan tinggi bisa membuat busi basah. Jika basah, tentu mesin tak bisa dihidupkan.

Perlu Diketahui, Ini Penyebab Mobil Oleng dan Cara Mengatasinya

Jadi, sebaiknya Anda lebih baik menghindari penggunaan air. Lakukan pembersihan dengan menggunakan kain yang dibasahi air. Lalu, lap dengan hati-hati. Pastikan tidak ada air yang masuk ke komponen sensor dan kelistrikan.

Sesekali Anda bisa mengusir kotoran membandel dengan engine degreaser. Anda bisa mendapatkan di bengkel-bengkel atau toko perlengkapan otomotif. Cukup semprotkan cairan itu ke mesin, lalu segera bersihkan dengan lap hingga benar-benar tak ada kotoran.

VIVA Otomotif: Ilustrasi mobil bekas

Usai Beli Mobil Bekas Jangan Lupa Balik Nama BPKB, Ini Syarat dan Biayanya

Setelah membeli mobil bekas jangan lupa siapkan dana untuk balik nama Buku Pemilik Kendaraan Bermotor atau BPKB. Ini agar Anda tak ribet di kemudian hari jika ada masalah

img_title
VIVA.co.id
21 Mei 2024