Jangan Panik Macet di Jalan Menanjak, Ikuti Cara Ini

Tuas transmisi manual.
Sumber :
  • VIVAnews/Sandy Mahaputra

VIVA.co.id - Berhenti di jalanan menanjak sepertinya menjadi momok yang menakutkan bagi para pengemudi pemula. Apalagi, situasi jalanan tengah macet, tentu kepanikan bakal muncul.

Umumnya, karena panik, pengemudi pemula akan menginjak pedal gas agak dalam. Mobil tentunya akan mati mendadak atau suara knalpot menggerung.

Seperti dilansir situs resmi Toyota, Senin, 7 Maret 2016, untuk menyiasatinya gunakan kedua pedal gas dan juga kopling dengan selaras guna hindari kejadian tersebut. Anda dapat memainkan setengah kopling. Teknik setengah kopling ini Anda dapat lakukan jika mobil dalam keadaan yang tidak terlalu lama diam di tanjakan.

Pertama - tama, jika Anda sudah berada di tengah-tengah tanjakan maka Anda harus menghentikan pergerakan mobil dengan cara menahan kopling bersamaan dengan menahan gas.

V-Belt Motor Matik Putus Sebenarnya Bisa Diantisipasi

Hindari menekan gas terlalu dalam dan juga jangan menekan gas terlalu kecil.  Anda harus menekan gas dengan pas, sehingga mobil yang sedang Anda kendarai itu dapat berhenti dengan baik.

Jika macet sudah mulai bergerak dan ingin melajukan mobil Anda lagi, lakukan melepas pedal kopling secara perlahan-lahan. Seimbangkan juga penambahan tekanan gas. Mobil Anda pun akan bergerak maju secara perlahan-lahan dan mulus.

Bengkel sepeda motor. Foto ilustrasi

Rem Motor Anda Keras, Ini Penyebabnya

Sangat berpengaruh terhadap kenyamanan berkendara.

img_title
VIVA.co.id
11 Agustus 2016