Cara Sederhana Agar Mesin Motor Tokcer

Bengkel sepeda motor. Foto ilustrasi
Sumber :
  • VIVAnews/Anhar Rizki Affandi

VIVA.co.id – Sepeda motor saat ini merupakan salah satu alat transportasi yang banyak diminati oleh masyarakat Tanah Air. Karena mampu menerobos kemacetan dan lebih fleksibel untuk di jalanan perkotaan yang penuh kemacetan, wajar bila alat transpportasi ini sangat digemari.

Benarkah Motor Injeksi Tak Perlu Lagi Dipanaskan?

Namun, saat menggunakan motor, perhatikan pula perawatannya. Jangan sampai performa motor menurun akibat tidak merawat mesinnya. Untuk menjaga agar performa sepeda motor matik tetap terjaga, Anda perlu merawatnya secara rutin.

Mekanik bengkel Lancar Motor yang terletak di daerah Jakarta Barat, Chandra mengatakan, perawatan motor sangat dibutuhkan, agar mesin dapat terjaga dan memiliki umur yang panjang.

Tips Mudah Usir Embun di Kaca Mobil, Cukup Pakai Sampo

“Motor itu memiliki umur, dan umur motor itu tergantung dari perawatan pemilik kendaraan. Apabila pemilik merawatnya dengan baik, motor akan bertahan lama. Tapi, kalau tidak dirawat dengan baik, tentu saja akan rusak sebelum waktunya,” jelasnya kepada VIVA.co.id, Senin 14 Maret 2016.

Untuk merawat mesin motor agar lebih tahan lama dan tetap terjaga performanya, Chandra memberikan tiga tips mudah yang harus rutin dilakukan:

Kebiasaan Pemotor yang Bikin Sakit Leher dan Pundak

Mengganti oli secara teratur

Oli motor memiliki peran sangat penting pada kinerja mesin. Selain melumasi, oli juga mengangkat kotoran yang ada di dalam mesin. Namun, pemilik kendaraan biasanya malas untuk mengganti oli secara rutin. Akan lebih baik apabila mengganti secara rutin oli motor sesuai jarak tempuh yang disarankan.

Menggunakan Suku Cadang Asli

Para pemilik kendaraan saat ini gemar mengganti suku cadang kendaraannya dengan jenis yang dapat membuat motor lebih terlihat keren. Hal tersebut dapat membuat motor bekerja tidak optimal. Terlebih bila yang digunakan adalah suku cadang imitasi.

Memakai Bahan Bakar Berkualitas

Sebaiknya motor mengisi bahan bakar di SPBU langsung. Hal tersebut untuk menghindari pemalsuan dan pengoplosan bahan bakar. Akan lebih baik lagi, apabila menggunakan bahan bakar berkualitas baik, sehingga pembakaran yang dihasilkan lebih sempurna. (ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya