Hati-hati, Tambah Cairan Wiper Saat Mesin Panas Bisa Fatal

Ilustrasi mengisi cairan wiper.
Sumber :
  • Youtube

VIVA.co.id – Saat melakukan perawatan pada mobil, salah satu komponen yang kerap luput dari pemeriksaan adalah tabung cairan penghapus kaca (wiper). Padahal, fungsi cairan ini penting, terutama saat berkendara di malam hari.

Cara Bikin Wiper Mobil Awet Meski Sering Dijemur di Parkiran

Kaca yang kotor akibat terkena debu atau cipratan air hujan tentu membuat pengemudi kesusahan melihat jalanan. Dengan memakai cairan pembersih kaca, kotoran yang membandel bisa dihapus dengan mudah oleh wiper.

Saat menyadari bahwa cairan wiper habis, biasanya pengemudi langsung menghentikan mobil, membuka kap mesin dan mengisi tabung cairan wiper. Jika pengemudi menggunakan air bersih, maka hal ini bukan masalah.

Mengapa Wiper Mobil di Indonesia Arahnya ke Kanan?

Namun, seperti dilansir Toyota Astra, Selasa 15 Maret 2016, Anda harus berhati-hati jika mengisi tabung dengan cairan khusus wiper. Hal ini disebabkan beberapa cairan yang dijual bebas tersebut mengandung alkohol.

Jika cairan itu terkena udara panas yang dihasilkan oleh mesin, maka ada kemungkinan alkohol yang terkandung dalam cairan akan bereaksi, sehingga menimbulkan kebakaran.

Wiper Mobil Pakai Karet Sudah Kuno, Tesla Gunakan Laser

Jadi, paling baik adalah mengisi tabung dengan air biasa saat kondisi darurat. Atau jika tetap ingin memakai cairan khusus, pilih yang tidak mengandung alkohol atau tunggu hingga suhu mesin cukup dingin.

Tidak disarankan pula mencampur air dengan sabun atau bahan yang mengandung deterjen, karena bisa merusak cat kendaraan. Selain itu, busa sabun membuat kaca berbusa, sehingga butuh air banyak untuk membuat kaca kembali cemerlang.

Modifikasi wiper Honda Jazz yang bikin ketawa pengguna jalan

Pemilik Honda Jazz Ini Bikin Ngakak Orang Lain di Jalan Raya

Viral pengguna Honda Jazz ini jadi bahan tertawaan pengguna jalan gara-gara wiper di kaca belakang tidak dalam posisi yang benar, hal itu terlihat ketika dihidupkan.

img_title
VIVA.co.id
22 Agustus 2022