Tips Berkendara Aman Saat Liburan

Liburan bersama keluarga. Foto ilustrasi.
Sumber :
  • database.com

VIVA.co.id – Awal Mei ini ada periode hari libur yang cukup panjang. Total empat hari dengan akhir pekan. Memang cukup panjang karena ada dua hari besar, Kenaikan Isa Almasih dan juga Isra Miraj Nabi Muhammad SAW.  Tentu saja momen ini banyak yang memanfaatkan untuk wisata maupun silaturrahmi dengan keluarga.

6 Cara Ampuh dan Mudah Bersihkan Mika Lampu Mobil yang Kusam

Perjalanan darat khususnya mengendarai mobil memang cukup mengasyikkan. Meski akan terjadi beberapa kemacetan, namun momen bersama keluarga dipastikan akan tetap menyenangkan.

Hanya saja, untuk pelesiran dengan kendaraan pribadi butuh persiapan matang. Sebab, kendaraan diharuskan memiliki kondisi yang sangat prima agar perjalanan menjadi aman dan juga nyaman.

Belajar dari Wanita Ngamuk ke Dishub karena Digembok Mobilnya, Pahami Aturan Parkir di Jalan

Oleh karena itu, VIVA.co.id, merangkum dari berbagai sumber persiapan apa saja yang dibutuhkan agar perjalanan Anda dan keluarga dengan mobil pribadi lebih menyenangkan. Berikut tipsnya:

1. Jaga kondisi badan Anda, dengan olah raga beberapa hari sebelum berangkat. Jika memang medan terlalu jauh, ada baiknya Anda mencari keluarga pengganti yang bisa menyetir, seperti istri.

Kotak di Mobil Ini Sering Dianggap Remeh, padahal Fungsinya Penting

2. Periksa kondisi mobil. Tentu, jika mobil Anda keluaran terbaru mungkin masih sedikit masalah dan kerusakan. Tapi sebaliknya, jika mobil Anda sudah agak tua, periksa sebaik mungkin untuk mengurangi potensi mogok atau rusak di jalan.

3. Periksa kondisi tekanan ban dan kedalaman alur ban. Jika sekiranya sudah perlu ganti, ada baiknya Anda mengganti dulu. Tekanan ban yang cukup dan alur ban yang baik akan menghindari keretakan ban karena jalanan yang panas. Jangan mengambil risiko menggunakan ban yang sudah tipis.

Ingat, isilah ban Anda dengan angin sesuai ukuran. Bila tekanannya terlalu kecil, tentu akan membuat kenyamanan berkurang, namun jika tekanan angin teralu tinggi, angin di dalam ban bisa mengembang dan meledak.

4. Periksa kondisi pada kontrol utama kendaraan, seperti kemudi, pedal rem, pedal gas, dan pedak kopling. Pastikan semuanya dapat berfungsi baik untuk mengurangi kecelakaan fatal.

5. Periksa sistem pendingin mesin (thermostat, engine belt, hoses, cooling fan, dan coolant level) dan periksa sistem pendingin udara (AC) apakah sudah bekerja optimal atau belum.

6. Periksalah radiator, gunakan cairan untuk mendingin radiator yang berkualitas baik. Dengan menggunakan cairan yang baik dan benar, dapat mengurangi panas pada radiator. Selain itu, air radiator yang baik, juga dapat mengurangi karat pada radiator sehingga mesin tetap stabil.

7. Jangan membawa barang terlalu banyak, termasuk penumpang, karena dapat menambah beban dan membuat mobil tidak seimbang.

8. Saat di jalan, beristirahat lah jika Anda letih atau mengantuk. Setelah segar, Anda bisa jalan lagi dengan badan yang sudah prima.
 

(ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya