Cara Ampuh Bikin Mobil Kinclong Terus Meski Kena Hujan

Poles mobil.
Sumber :
  • Foto: VIVAnews/Herdi Muhardi

VIVA.co.id – Terkadang Anda pasti pernah menunda untuk mencuci atau melakukan perawatan pada mobil kesayangan saat kondisi cuaca tengah labil. Anda pasti segan jika apabila mobil sudah kinclong, hujan tiba-tiba turun.

Catatan Buat Orang Tua, 4 Bahaya Meninggalkan Anak di Dalam Mobil

Sebenarnya, jika mobil kotor-kotoran, dianjurkan untuk melakukan perawatan ekstra selain hanya mencuci biasa. Hal itu perlu dilakukan, karena jamur akan mudah timbul karena noda air hujan sangat mudah melekat.

Menurut Imam Harahap, penggawa Marvel Solitaire, di kawasan Cipete, Jakarta Selatan, kalau dibiarkan saja dalam kondisi tersebut, akan menimbulkan water spotting atau noda air pada bodi. Selain itu, kotoran yang menumpuk pada permukaan cat, akan menimbulkan baret halus, bahkan warna cat juga dapat pudar.

Mengenal Forged Piston, Teknologi Unggulan Yamaha Adopsi dari MotoGP

Imam berbagi tips, ada tiga cara mudah yang bisa diterapkan untuk melindungi cat mobil kesayangan. "Kalau kami pakai tiga jenis bahan poles bodi untuk antijamur, dan membuat air tidak menempel di bodi. Dengan crystal, wax, dan polimer, air jadi lebih mudah jatuh, cairan ini biasa disebut hidrofobik," kata Imam, saat berbincang dengan VIVA.co.id, Jumat, 24 Juni 2016.

Ia menjelaskan, hidrofobik ini memiliki daya rekat yang mampu bertahan tiga bulan. Jadi, meskipun tidak dicuci, bekas jamur dari air tidak akan ada.

Pengguna Mobil yang Terjebak Macet di Puncak Wajib Periksa Ini

Marvel Solitaire yang menerima jasa poles dengan hidrofobik mengaku, pihaknya memberikan banderol mulai dari Rp100-Rp300 ribu untuk jasa demikian. Harga itu disesuaikan dengan besaran kendaraan.

“Ya mobil kan macam-macam ada SUV, sedan, city car, dan MPV. Jadi setelah dicuci baru diberikan treatment tersebut,” katanya.

Baca juga:

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya