Bemper Mobil Rusak, Ini Beberapa Opsi Perbaikannya

Ilustrasi perbaikan bemper.
Sumber :
  • Toyota

VIVA.co.id - Banyak jalan menuju Roma, menurut pepatah seperti itu. Begitu juga, bagi Anda yang sedang gundah gulana, melihat mobil kesayangan mengalami senggolan, sehingga bemper harus mengalami kerusakan. 

Rem Motor Anda Keras, Ini Penyebabnya
Apalagi jika, kerusakan yang terjadi bukan hanya penyok saja, tetapi bolong, bahkan sampai sobek di beberapa titik.
 
V-Belt Motor Matik Putus Sebenarnya Bisa Diantisipasi
Tetapi, Anda tidak usah khawatir, jika mengalami kejadian tersebut. Sebab, sudah banyak bengkel perbaikan bodi yang mempunyai segudang pengalaman menyelesaikan permasalahan Anda. 
 
Motor Injeksi Mati Mendadak di Tengah Jalan, Ini Penyebabnya
Menurut Hasan, punggawa Berkah Jaya Motor yang merupakan bengkel reparasi bodi mobil, banyak cara yang dapat dilakukan untuk mengembalikannya mobil kebentuk semula. Dan, biayanya juga berbeda-beda, karena harga juga ditentukan dari tingkat kerusakan.
 
Dia menjabarkan, salah satu opsi yang bisa dilakukan dengan menggunakan bahan serat fiber. 
 
"Tapi harus dua lapis, soalnya bahan bemper juga tidak terlalu tebal. Untuk merekatkan serat fiber pakai lem yang biasa digunakan untuk lem plastik," ujarnya, saat ditemui VIVA.co.id di Kampung Baru, Jakarta, Jumat 29 Juli 2016.
 
Ia menambahkan, ada juga orang yang memilih bawa ke tukang las. Karena, dinilai lebih kuat menggunakan pelat besi.
 
"Bisa juga pakai pelat besi dari bahan bodi, teyapi yang lebih tipis. Dan, untuk proses penambalannya biasa dari dalam dan caranya pinggiran bemper yang bolong dipanaskan dulu, agar pelat tersebut menempel," jelasnya.
 
Bukan hanya itu, kalau bumper hanya sekedar sobek bisa juga lakukan cara ini. "Bisa juga menggunakan kawat untuk menjahitnya, lalu pakai solder untuk merekatkannya," tuturnya.
 
Ia menegaskan, semua cara itu tentu harus melewati tahap finishing. Seperti proses pendempulan dan pengecatan. "Biasanya, kami pakai dempul Autoglow, atau Alpaglos," jelasnya.
 
Namun, urusan biaya, pria asal Serang, Banten ini menuturkan, untuk yang menggunakan fiber sudah termasuk pengecatan Rp500 ribuan per-panel. 
 
"Sedangkan menggunakan kawat juga sama, berbeda dengan pelat hanya Rp400 ribuan, soalnya kita hanya melayani pengecatan saja dan proses dempulnya," jelasnya. (asp)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya