Banyak yang Masih Salah Kaprah Soal Aki

Aki mobil
Sumber :
  • Youtube
VIVA.co.id
Rem Motor Anda Keras, Ini Penyebabnya
- Jangan salah kaprah soal kelistrikan jika tidak ingin beberapa komponen menjadi rusak karena korslet. Ya, terutama bagi Anda yang sudah upgrade audio, dan mengganti baterai (aki) yang kapasitasnya lebih besar guna menjaganya dari ketekoran listrik.

V-Belt Motor Matik Putus Sebenarnya Bisa Diantisipasi
Padahal cara itu salah, sebab baterai hanya sebagai wadah untuk menampung daya listrik, bukan sebagai penghantar kelistrikan. Nah, jika baterai yang digunakan tidak sesuai dengan sistem kerja alternator, sistem kelistrikan pada mobil akan korslet, karena kelebihan daya.

Motor Injeksi Mati Mendadak di Tengah Jalan, Ini Penyebabnya
Menurut Marwan, mekanik bengkel resmi Honda, fungsi baterai hanya sebagai penyimpanan listrik kalau itu dibutuhkan, bukan sebagai pemasok. Karena baterai tidak bekerja sendiri, mereka saling berhubungan dengan komponen lainnya.

“Karena arus yang mengalir pada seluruh komponen kelistrikan dihasilkan dari putaran alternator yang mengubah energi gerakan menjadi arus listrik dua arah,” ujar Marwan saat berbincang dengan VIVA.co.id, Kamis 4 Agustus 2016.

Menurutnya kalau sampai terjadi overcharge baterai akan mengembung, dan berpotensi merusak komponen kelistrikan lainnya. “Untuk mengatur asupan listrik saja sudah ada perangtnya yakni regulator, dia bekerja agar listrik yang mengalir tidak berlebihan,” kata Marwan.

Untuk solusinya, jangan pernah hanya menganti salah satu dari kedua komponen tersebut. “Lebih baik ganti dua-duanya baterai dan juga alternator jika ingin memiliki asupan listrik diatas standar pabrik. Karena kedua komponen ini saling bersinambungan,” lanjut dia.

(ren)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya