Jangan Coba-coba Bersihkan 'Dashboard' dengan Detergen

Ilustrasi dashboard mobil.
Sumber :
  • Pixabay/MikeBirdy

VIVA.co.id – Sudah sewajarnya pemilik mobil mengidamkan tunggangan yang nyaman saat dikendarai. Faktor pendukung kenyamanan di antaranya yakni kebersihan, baik eksterior, dan khususnya interior alias kabin. Hanya saja, tidak semua pemilik mobil tahu bagaimana cara melakukan perawatan kabin.

Mitsubishi Manjakan Konsumen Lewat Program September Service Ceria

Menurut General Manager Technical Service PT Toyota Astra Motor (TAM) Dadi Hendriadi, meski terdengar sepele, namun ada hal yang harus diperhatikan dan tak boleh sembarang ketika membersihkan debu pada bagian interior. Sebut saja ketika ingin menggunakan cairan pembersih pada bagian dashboard.

Kata Dadi, membersihkan dashboard sebaiknya menggunakan cairan khusus. Karena, apabila mengandung minyak, hal itu justru akan merusak dashboard. “Karena kalau yang mengandung minyak atau pelarut malah bisa merusak dashboard. Memang dalam jangka waktu yang lama, tapi tetap saja bisa merusak,” kata Dadi seperti dilansir situs Toyota Astra, Jumat, 9 September 2016.

Ini Solusinya untuk Antisipasi Kaca Mobil yang Rawan Berjamur

Dadi juga menegaskan, yang harus dihindari saat membersihkan kabin adalah menggunakan bahan detergen. Zat kimia yang terdapat pada detergen dianggap dapat membuat dashboard menjadi cepat kering. “Nantinya setelah kering akan mudah retak-retak. Jadi sebaiknya setelah dibersihkan, langsung menggunakan cairan khusus saja agar aman dan tetap terlihat bersih,” ujarnya.

Sedangkan jika kotoran atau debu yang melekat saat musim panas, Dadi menyarankan, cara sederhana yang pertama kali dilakukan yakni menghapusnya dengan menggunakan kemoceng.

Biaya Perawatan Suzuki Ertiga Hybrid Cuma Segini

Setelah itu, lanjut dia, Anda harus menggunakan cairan khusus yang sudah banyak dijual di toko-toko aksesori aftermarket.

Layanan servis mobil Mitsubishi.

Program ‘September Service Ceria’ Mitsubishi, Apa Manfaatnya?

Dalam rangka memberikan kemudahan kepada konsumen dalam melakukan perawatan kendaraan, Mitsubishi menghadirkan program September Service Ceria.

img_title
VIVA.co.id
24 September 2022