Cara Mudah Rawat Knalpot Agar Tidak Berkarat

Ilustrasi knalpot motor
Sumber :

VIVA.co.id – Knalpot adalah salah satu bagian motor yang cukup rawan terkena karat. Hal ini disebabkan karena banyak faktor, mulai dari perawatan yang tidak baik hingga penggunaan knalpot aftermarket yang dibeli dengan harga murah.

Ini Penyebab Knalpot Berkarat dan Cara Menghilangkannya

Jika mengalami hal demikian, tentu penampilan motor menjadi kurang menarik. Lalu, bagaimana cara mengantisipasinya?

Menurut Pongky, mekanik bengkel Langgeng Jaya di Kayu Putih, Jakarta Timur, knalpot perlu dibersihkan secara berkala, agar kotoran yang menempel tidak berpotensi menimbulkan karat.

6 Cara Mudah Merawat Motor saat Musim Hujan

Cara membersihkan karat pada knalpot cukup mudah. Alat yang dibutuhkan hanya sabun, kuas serta sikat kawat.

"Mudah kok. Sediakan alat pembersih, seperti sikat kawat atau sikat cuci, kuas dan sabun. Bersihkan semua komponen knalpot," kata Pongky kepada VIVA.co.id.

Cara Mudah Mencegah Rantai Motor Lepas atau Cepat Putus

Untuk menjangkau sela-sela knalpot yang sempit, gunakan sikat gigi bekas. Dengan cara ini, Anda tidak perlu melepas knalpot.

Ia mengingatkan, jangan memakai sabun dengan kandungan deterjen yang keras, karena hal ini justru bisa membuat knalpot rusak.

"Disarankan jangan. Kadang ada saja yang menggunakan sabun berbahan keras atau menggunakan Pertamax Plus. Katanya bisa membuat knalpot mengilap, padahal enggak. Malah berisiko," ujar dia.

Sabun yang disarankan adalah sabun colek atau sabun yang biasa digunakan untuk mencuci piring.

(ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya