Ternyata, CD Bajakan Bikin Cepat Rusak Audio Mobil

Ilustrasi sistem audio mobil.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Jeffry Sudibyo

VIVA.co.id – Head unit pada mobil dewasa kini kebanyakan sudah dibekali dengan sistem hiburan DVD, MP4, dan juga USB. Fitur-fitur ini sepertinya menjadi perlengkapan standar yang dibutuhkan pengemudi agar tak bosan saat berada di dalam mobil.

Program ‘September Service Ceria’ Mitsubishi, Apa Manfaatnya?

Namun demikian, head unit juga perlu diperhatikan. Jika tidak, maka tentu sangat dekat dengan kerusakan. Lantas bagaimana perawatan sederhana head unit?

Imam, pemilik Bahari Teknik --tempat servis khusus audio-- di Mega Glodok Kemayoran, Jakarta, mengatakan, sebenarnya tidak ada perawatan khusus pada head unit. Kata dia, yang perlu diperhatikan yakni penggunaan saja agar tak sembarang.

Mitsubishi Manjakan Konsumen Lewat Program September Service Ceria

"Yang biasa rusak pada head unit aftermarket atau standar pabrik itu optik, penggunaan CD bajakan membuat optik kerja lebih maksimal dan cepat panas," ujarnya kepada VIVA.co.id, Senin 31 Oktober 2016. 

Kata dia, lebih baik menggunakan CD atau kaset orisinal agar optik tidak cepat rusak. Selain itu, kerusakan juga terjadi pada mekanikal tempat keluar masuknya kaset. Menurutnya, saat head unit tengah beroperasi, terkadang orang asal memasukkan CD, bahkan ada sebagian pengendara yang mendorongnya terlalu keras. "Cara itu tidak bagus, karena mekanikal tempat kaset hanya diatur gear dan kabel," tuturnya.

Ini Solusinya untuk Antisipasi Kaca Mobil yang Rawan Berjamur

Compact Disc (CD)

Bukan hanya itu, soket USB pun juga kerap rusak jika penggunaan yang tidak benar. Kata dia, jangan sering pasang cabut karena bisa kendur. Kalau sudah begitu, saat USB dipasang akan tidak terbaca.

Perawatan mobil dari D’Cartail

Merawat Bodi Mobil dengan Produk-produk Premium Kini Mulai dari Rp500 Ribu Saja

D'Cartail hadir untuk menjawab kebutuhan para pemilik mobil dengan produk-produk premium terlengkap. Tak cuma itu, mereka juga tawarkan berbagai program Detailing Academy

img_title
VIVA.co.id
27 April 2024