Komponen Penting Ini Kerap Dilupakan Saat Cuci Mobil

Para wanita cantik sedang cuci mobil. Foto ilustrasi.
Sumber :
  • carnewschina

VIVA.co.id – Penghapus kaca mobil atau wiper merupakan salah satu komponen yang sering dilupakan perawatannya. Biasanya, pemilik mobil memeriksa kondisi wiper hanya saat mengalami masalah penglihatan ketika diguyur hujan.

Merawat Bodi Mobil dengan Produk-produk Premium Kini Mulai dari Rp500 Ribu Saja

Padahal, wiper bisa rusak atau berkurang kemampuannya akibat jarang diaktifkan. Lalu, bagaimana cara mengecek dan merawat wiper yang benar? Berikut tips yang diungkapkan oleh pemilik bengkel Orange Garage, Octa Bond.

Memeriksa wiper

Program ‘September Service Ceria’ Mitsubishi, Apa Manfaatnya?

Pemilik kendaraan perlu mengecek kondisi karet pada wiper. Pastikan bahwa karet tersebut masih elastis. Apabila karet sudah mengeras, fungsi dari wiper pasti sudah tidak sempurna lagi. 

Ciri utama karet wiper yang sudah saatnya diganti yakni keras dan tidak fleksibel. Apabila dibiarkan, dapat membuat kaca mobil tergores. Selain itu, air tidak akan tersapu secara merata.

Mitsubishi Manjakan Konsumen Lewat Program September Service Ceria

Merawat wiper

Salah satu upaya sederhana yang dapat Anda lakukan untuk menjaga kondisi wiper yaitu dengan mengangkat tangkai wiper, saat mobil diletakkan di bawah sinar matahari.

Cara ini dilakukan untuk menjaga dan mempertahankan kualitas karet wiper. Umumnya, sinar matahari akan membuat suhu kaca naik. Panas yang berlebih akan membuat karet wiper semakin memuai, yang kemudian disusul dengan  perubahan bentuk.

Ada satu hal lagi yang bisa dilakukan pemilik, agar karet wiper tidak mudah rusak. Sayangnya, hal ini kerap luput dari perhatian, saat sedang mencuci mobil.

Hal yang dimaksud adalah jangan lupa untuk membersihkan karet wiper, saat sedang mencuci mobil. Karena, banyak polusi udara dan minyak yang menempel. Setelah dicuci, jangan lupa dilap hingga bersih.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya